Kamis, September 29, 2022
BerandaNewsRegionalPolisi Tangkap 5 DPO Pungli yang Picu Serangan dari Banyuwangi ke Jember

Polisi Tangkap 5 DPO Pungli yang Picu Serangan dari Banyuwangi ke Jember

NUSADAILY.COM – JEMBER – Satuan Reserse dan Kriminal Kepolisian Resor Jember menangkap lima daftar pencarian orang (DPO) alias buronan kasus pungutan liar (Pungli) yang korbannya petani-petani kopi di kawasan perbatasan Jember dan Banyuwangi.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Baca Juga: Polisi Target Perkara Pungli Dana Covid-19 Jember, Bukan Korupsi Honor Pejabat

Kelima pelaku adalah warga Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember yang menjadi preman, karena kerapkali memalak uang ke petani kopi hingga menyulut serangan balasan yang telah menimbulkan kerusuhan berupa pembakaran sejumlah rumah dan kendaraan warga setempat.

Kasat Reskrim Polres Jember AKP Dika Hadian Widya Wiratama menjelaskan, para buronan itu memang kabur sampai ke luar Pulau Jawa. Namun, mereka tertangkap dari tempat persembunyian masing-masing.

Baca Juga: Polsek Medan Timur Mediasi Kasus Pungli

Rinciannya, tiga orang diringkus dalam sebuah kawasan perkebunan terpencil di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan; dan dua orang lagi diciduk dari suatu lokasi proyek bangunan di Kabupaten Badung, Bali.

“Mereka yang tertangkap inisial AU, ZN, SL, YN, dan AZ. Sampai saat ini, masih pemeriksaan sekaligus dilakukan penahanan,” terang Dika, Senin, 15 Agustus 2022.

Baca Juga: Kunjungan Dadakan ke Lapas Mojokerto, Direktur Keswat Pastikan Tak Ada Pungli

Dika menyebut, kelima orang tersebut bukan hanya terjerat kasus Pungli, melainkan juga sedang terbelit perkara tindak kejahatan lainnya. Yakni, dugaan pengeroyokan secara bersama-sama atas laporan dari seorang pemilik toko obat pertanian.

“Jelas mereka pelaku penganiayaan terhadap korban dari toko mes. Tapi, untuk detail peran masing-masing masih dalam pemeriksaan,” ujar Dika.

BERITA KHUSUS

Tujuh Poktan Situbondo Bakal Dapat Bantuan Alat Jemur Tembakau

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menggelontorkan anggaran dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tahun 2022 sekitar Rp180 juta. Duit jumbo...

BERITA TERBARU

Tarif 4 Jalan Tol Ini Bakal Naik, Ada Tangerang-Merak hingga Pandaan-Malang

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Sebanyak empat jalan tol kelolaan PT Astra Infrastruktur bakal naik tarifnya dalam waktu dekat. Sebanyak empat ruas jalan tol tersebut...