Jumat, Mei 27, 2022
BerandaNewsRegionalKemenag: Vaksin Jelas Tidak Membatalkan Puasa

Kemenag: Vaksin Jelas Tidak Membatalkan Puasa

NUSADAILY.COM – MALANG – Menjelang bulan Ramadan yang tinggal hitungan hari, Pemerintah Kabupaten Malang melalui Dinas Kesehatan masih melakukan proses vaksinasi. Pro dan kontra pun berkembang di kalangan masyarakat terkait kehalalan dilakukannya vaksin pada ketika umat muslim menjalankan ibadah puasa.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Maka dari itu, Kepala Kemenag Kabupaten Malang Mustain menekankan bahwa vaksinasi tidak membatalkan puasa.

BACA JUGA: 1.760 Imam Masjid dan Mubalig di Batam Jalani Vaksinasi

“Jelas tidak membatalkan puasa karena memang pemberiannya tidak dengan cara diminum atau dimakan. Jadi tidak melalui lubang yang membatalkan ibadah,” ujar Kepala Kemenag Kabupaten Malang Mustain, hari ini, Selasa (30/3/2021).

Oleh sebab itu ia menekankan bahwa masyarakat tidak perlu ragu untuk melakukan vaksinasi demi memutus mata rantai Covid-19.

Meski begitu, pihaknya juga berharap kepada Pemkab Malang apabila menemukan beberapa masyarakat yang bersikukuh untuk tidak melakukan vaksinasi ketika melakukan ibadah puasa, maka dapat dilakukan malam hari usai berbuka puasa.

Akan tetapi Mustain sangat mendukung bahwa vaksinasi di bulan Ramadan akan mendapatkan dukungan penuh darinya.

Sementara itu, Kadinkes Kabupaten Malang Arbani Mukti Wibowo mengatakan jika pihaknya bisa menuntaskan vaksinasi Covid-19 tahap kedua pada akhir April 2021.

Kepada Nusadaily.com Arbani mengatakan bahwa saat ini Dinkes tengah melakukan pelayanan kepada tenaga publik dalam tahapan suntikan kedua.

BACA JUGA: Dinkes Kepri Upayakan Vaksinasi Covid-19 Saat Ramadhan Digelar Malam Hari

Disinggung terkait vaksinasi di bulan Ramadan, menurutnya pelaksanaan akan menjadi tantangan tersendiri. Arbani juga memprediksi bisa saja penerima vaksin bisa berubah pikiran untuk tidak menghadiri vaksinasi Covid-19.

“Setahu saya sudah ada himbauan dari MUI bahwa Vaksin tidak membatalkan puasa dan halal. Kami harap masyarakat tidak ragu,” bebernya. (aje/lna)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Tesla Resmi Investasi di Thailand, RI Gimana?

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Perusahaan Elon Musk resmi melakukan penetrasi di Thailand. Tesla Company (Thailand) Ltd sudah teregistrasi sebagai perusahaan baru di Thailand. Nilai...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily