Rabu, Oktober 20, 2021
BerandaNewsRegionalKelangkaan Obat dan Vitamin di Kabupaten Malang Apa Sebabnya?

Kelangkaan Obat dan Vitamin di Kabupaten Malang Apa Sebabnya?

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – MALANG – Satreskrim Polres Malang gelar operasi dibeberapa Apotek hari ini, Senin (26/7/2021). Mengingat kelangkaan sejumlah obat dan vitamin selama Pandemi COVID-19 di Kabupaten Malang.

Kasatreskrim Polres Malang AKP Donny K Baralangi, mengatakan ia khawatir akan adanya penimbunan yang dilakukan sejumlah oknum tertentu. Atau ada unsur kesengajaan menaikkan harga eceran tertinggi terhadap obat-obatan tersebut.

“Ya, hari ini kita (Satgas Gakum) telah cek langsung ketersediaan stok obat di empat apotek. Yang tersebar di beberapa wilayah Kabupaten Malang,” paparnya.

Baca Juga: Kejati DKI Selidiki Kelangkaan Obat dan Oksigen

Alhasil, dari pengecekan tersebut, Donny mengaku bisa bernafas lega. Sebab, pihaknya tidak menemukan adanya dugaan unsur pidana yang dilakukan pihak apotek atas kelangkaan obat-obatan tersebut.

Sebaliknya, kelangkaan itu terjadi justru akibat pasokan dari Distributor memang sedikit terlambat. Sedangkan untuk jenis Vitamin, khususnya Vitamin C stok masih banyak.

Baca Juga: Kelangkaan Obat Covid, Pemerintah Tempuh Sejumlah Upaya

“Menurut informasi yang kami dapat dalam waktu dekat ini. Pihak Distributor dan Pabrik akan segera melakukan pengiriman obat-obat yang mulai langka itu ke apotek-apotek,” jelasnya.

Atas dasar itu, Donny berharap masyarakat tidak perlu panik dengan keterlambatan pasokan obat. Serta tidak perlu memborong obat–obatan yang terkait penanganan COVID-19.

Baca Juga: Obat Terapi Covid-19 Mengalami Kelangkaan di Batu

Namun, sebagai langkah antisipasi, jajaran Polres Malang tetap mengimbau kepada masyarakat. Apabila mengetahui adanya penimbunan obat dan vitamin atau ada yang melakukan penjualan di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk segera melaporkan kepada Jajaran Polres Malang agar dapat segera ditindak.

Baca Juga: Polrestro Jakbar Dalami Kasus Penimbunan Obat-Obatan Milik PT ASA

“Untuk masyarakat bila mengetahui adanya penimbunan obat atau yang menjual obat di atas Harga Eceran Tertinggi, segera laporkan kepada kami. Pasti akan Kami tindak tegas,” Donny mengakhiri. (aje/ark)

- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA KHUSUS

@nusadaily.com

Akhir-akhir ini Kota Malang panas banget nih, ngadem dulu yuk🍦🍦 ##tiktoktaiment

♬ Happy Ukulele - VensAdamsAudio

LIFESTYLE

Perubahan Gaya Hidup saat Pandemi Pengaruhi Risiko Osteoporosis

0
NUSADAILY.COM - JAKARTA - Perubahan gaya hidup saat pandemi COVID-19 turut mempengaruhi risiko osteoporosis. Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (PEROSI) dr....