Senin, September 20, 2021
BerandaNewsRegionalDinas Cipta Karya Jember Pastikan IMB Belum Kelar, Tapi Mal Larisso Bangun...

Dinas Cipta Karya Jember Pastikan IMB Belum Kelar, Tapi Mal Larisso Bangun Duluan

NUSADAILY.COM – JEMBER – Polemik pembangunan Mal Larisso di Desa Balung Lor, Kecamatan Balung kian terang benderang. Kepala Dinas Cipta Karya Jember, Eko Ferdianto bicara blak-blakan mengenai hal ini kepada nusadaily.com pada Senin, 29 Maret 2021.

Menurut Eko, justru pemilik Larisso sudah melakukan pembangunan mal kendati pihaknya belum membuat rekomendasi untuk syarat penerbitan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) oleh Dinas Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Hal itu baru diketahui saat Dinas Cipta Karya menerjunkan beberapa orang tim survei untuk melihat lokasi pada tanggal 27 Maret 2021 lalu.

“Untuk Larisso belum ada rekom dari kami . Ternyata, teman-teman kesana sudah berdiri bangunan,” beber Eko menceritakan perihal temuannya.

Dinas Cipta Karya masih menahan proses rekomendasi kajian kontruksi pembangunan mal Larisso yang ditujukan untuk pusat perbelanjaan. Sebab, pertimbangannya menyangkut kondisi di lokasi yang telah ada bangunan berdiri sebelum IMB diterbitkan.

Mal Larisso sendiri bukan hanya nyelonong membangun, melainkah telah beroperasi sejak tanggal 26 Maret 2021 lalu. Kala itu, Camat Balung, Widayaka sebagai pejabat yang membuka acara bertajuk ‘soft opening’. Namun, Widayaka berdiam diri saat coba dihubungi untuk konfirmasi.

Saat ini sedang digelar inspeksi mendadak oleh Komisi B DPRD Jember ke lokasi. Sejumlah anggota Dewan melakukan pertemuan dengan pemilik Mal Larisso, Sabdo Adi Setiawan di salah satu ruangan.

Sabdo mengakui belum mengantongi IMB maupun Izin Usaha Pusat Perbelanjaan (IUPP). Kendati dalihnya dilakukan pengajuan dua perizinan tersebut. “Kami ajukan dari bawah sejak Desember 2020 lalu belum keluar,” ujarnya.

Ketua Komisi B, Siswono menyesalkan kondisi ini terjadi. “Oleh karena itu, sebelum semua perizinan yang prinsip ini keluar, segala aktivitas dihentikan,” tekannya.

Lebih lanjut, disampaikan segera dibuat jadwal rapat dengar pendapat oleh Komisi B dengan memanggil para pihak terkait. (sut/kal)

RELATED ARTICLES
- Advertisement -spot_img

popular minggu ini

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

Pemkot Malang Alokasikan Dana Cukai Hasil Tembakau untuk Jaminan Kesehatan

NUSADAILY.COM - MALANG - Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kesehatan memanfaatkan Dana Bagi Hasil (DBH) Cukai Hasil Tembakau (CHT) untuk program pemenuhan dan penyediaan...