Senin, September 27, 2021
BerandaNewsPejabat Disperindag Jember dan Pengusaha Jadi Tersangka Korupsi Rehab Pasar

Pejabat Disperindag Jember dan Pengusaha Jadi Tersangka Korupsi Rehab Pasar

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – JEMBER – Kepolisian Resor Jember menetapkan dua orang tersangka berdasarkan hasil gelar perkara dengan Kepolisian Daerah Jawa Timur atas penyidikan terhadap perkara dugaan korupsi rehab Pasar Balung Kulon di Kecamatan Balung, Kabupaten Jember.

Tersangkanya adalah Dedy Sucipto, Kepala Seksi Sarana Prasarana Pasar di Dinas Perindustrian Perdagangan (Disperindag) Jember serta Junaedi, Direktur PT Anugrah Mitra Kinasih. Dalam kasus ini, Dedy berperan sebagai pejabat pembuat komitmen (PPK), sedangkan Junaedi selaku rekanan.

“Melalui hasil gelar perkara, maka kami tetapkan dua tersangka yaitu DS (Dedy Sucipto), dan JN (Junaedi),” terang Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Jember, AKP Komang Yogi Arya Wiguna pada Selasa, 27 Juli 2021.

Menurut Komang, penyidik memperoleh lebih dari dua alat bukti menjurus ke terjadinya tindak pidana korupsi dalam pelaksanaan proyek rehab Pasar Balung Kulon yang biayanya berasal dari dana APBD Jember tahun anggaran 2019 senilai total Rp7,5 miliar.

“Ada pemalsuan dokumen, mark up material, beberapa item pekerjaan fiktif. Sehingga hasil audit BPKP (Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan) didapatkan potensi kerugian keuangan negara senilai Rp1,8 miliar,” sebutnya.

Lantas, apakah ditemukan aliran uang negara yang dinikmati kedua tersangka? Tampaknya, sementara ini belum dapat dibeberkan oleh polisi.

“Masih kita dalami melalui pemeriksaan lagi,” sergah perwira polisi yang pernah bertugas sebagai Panit 1 Unit II Subdit 1 Ditreskrimsus Polda Jawa Timur itu.

Komang menjelaskan, penyidik telah melayangkan surat panggilan kepada para tersangka Dedy dan Junaidi. Untuk diperiksa oleh penyidik Unit II Tindak Pidana Korupsi pada tanggal 29 Juli 2021 mendatang.

Ancang-ancang polisi bakal menjerat tersangka dengan Pasal 2 ayat (1) dan Pasal 3 UU Nomor 20 tahun 2001. Tentang perubahan atas UU Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke- 1 juncto Pasal 56 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.

Minggu-Minggu Ini Akan Periksa Tersangka

“Minggu-minggu inilah kita akan periksa para tersangka. Ancaman hukumannya minimal 4 tahun maksimal 20 tahun, dan denda paling sedikit Rp200 juta paling banyak Rp1 miliar,” tegas Komang.

Selebihnya, polisi mendapat keterangan penguat dari 4 saksi ahli yang membidangi masalah kontruksi, hukum pidana. Serta administrasi dan keuangan negara. Bahkan, ada kesaksian 38 orang dari berbagai kalangan yang memiliki rekam jejak langsung berkaitan dengan proyek rehab Pasar Balung Kulon.

Riwayat proyek rehab Pasar Balung Kulon dijalankan saat posisi Kepala Disperindag dijabat dengan status pelaksana tugas (Plt) oleh Danang Andri Asmara pada tahun 2019 silam. Kala itu, Danang sebenarnya secara definitif menjabat Kepala Bagian Umum.

Tapi, oleh Bupati Jember masa itu, yakni Faida, Danang ditugasi mengisi pos jabatan ganda tersebut setelah memutasi Kepala Disperindag sebelumnya, Anas Ma’ruf menjadi Kepala Dinas Pariwisata tatkala terbelit perkara rasuah rehab Pasar Manggisan yang ditangani Kejaksaan Negeri Jember.

Anas Ma’ruf kemudian menuai vonis hukuman 4 tahun penjara dari Pengadilan Tipikor. Vonis bersalah juga diberikan ke Edy Sandhy Abdurrahman dari PT Dita Putri Waranawa. Dan pekerja lepas PT Maksi Solusi Enjinering bernama Muhamad Fariz Nurhidayat. Meski ada putusan bebas untuk bosnya Fariz yang bernama Irawan Sugeng Widodo alias Dodik.

Kejaksaan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA) atas putusan bebasnya Dodik, dan mengembangkan lagi penanganannya. Dengan menetapkan dua tersangka yang terlibat dalam manajemen PT Dita Putri Waranawa, yaitu Muhamad Hadi Sakti dan Agus Salim. (sut/aka)

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

The Legion Nutrition dan Amarta Hills Berkolaborasi Gelar Body Competition

NUSADAILY.COM - KOTA BATU - Produsen suplemen olahraga, The Legion Nutrition tak berhenti memberikan dukungannya di bidang olahraga. Kali ini mereka ambil bagian sebagai...