Kamis, September 29, 2022
BerandaNewsMetropolitanLPSK Beri Perlindungan Pada Bharada E, "Tidak Ada Niat Membubuh"

LPSK Beri Perlindungan Pada Bharada E, “Tidak Ada Niat Membubuh”

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) memutuskan untuk memberikan perlindungan ke Bharada E. Alasannya, Bharada E tidak memiliki niat membunuh Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

BACA JUGA : Brigadir Ricky Menolak, Ferdy Sambo Kemudian Panggil Bharada E untuk Tembak Yoshua

“Bahkan keterlibatannya di dalam perencanaan dan sebagainya itu masih kita dalami apakah yang bersangkutan menjadi mastermind atau bagimana. Tapi yang jelas, kami melihat peran yang bersangkutan ini kecil, dan kami melihat memang yang bersangkutan sebenarnya tidak punya mensrea atau niatan untuk melakukan pembunuhan,” ujar Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo saat Konpers di Kantornya, Senin (15/8/2022).

Hasto juga menyebut Bharada E perannya minor dalam kasus ini. Sebab, dia melakukan penembakan karena diperintah atasannya yakni Irjen Ferdy Sambo.

“Bharada E ini adalah pelaku tindak pidana tetapi dengan peran yang minor, karena dia mendapatkan perintah dari atasannya,” jelasnya.

Keterlibatan Bharada E

Meski begitu, saat ini LPSK masih mendalami keterlibatan Bharada E. LPSK juga menyatakan akan memberi perlindungan hingga putusan hakim di persidangan.

BACA JUGA: Bharada E Diduga Diintervensi untuk Cabut Kuasanya Jadi Pengacara, Deolipa: Dia Kasih Kode Ini

“Ini barangkali nanti yang akan ditindaklanjuti setelah kita lakukan perlindungan. Dan juga di dalam proses peradilan kita akan selalu mendampingi yang bersangkutan sampai putusan itu diambil oleh hakim,” jelas Hasto.

Sementara itu, Wakil Ketua LPSK Achmadi mengatakan keterangan Bharada E mengungkap aktor utama dalam kasus ini. Bharada E juga tidak memiliki motif pembunuhan.

“Bahwa keterangan pemohon yang disampaikan dalam penyidikan oleh Bareskrim Polri adalah penting karena dapat mengungkap tindak pidana pembunuhan berencana terhadap Brigadir J, dan pemohon menyampaikan tidak memiliki motif, maksud, atas peristiwa pembunuhan tersebut,” ujar Achmadi. (ros)

BERITA KHUSUS

Tujuh Poktan Situbondo Bakal Dapat Bantuan Alat Jemur Tembakau

NUSADAILY.COM - SITUBONDO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo menggelontorkan anggaran dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tahun 2022 sekitar Rp180 juta. Duit jumbo...

BERITA TERBARU

Tarif 4 Jalan Tol Ini Bakal Naik, Ada Tangerang-Merak hingga Pandaan-Malang

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Sebanyak empat jalan tol kelolaan PT Astra Infrastruktur bakal naik tarifnya dalam waktu dekat. Sebanyak empat ruas jalan tol tersebut...