Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaNewsMetropolitanKenapa Gundukan Melintang di Jalan Disebut 'Polisi Tidur'? Ternyata Begini Awalnya

Kenapa Gundukan Melintang di Jalan Disebut ‘Polisi Tidur’? Ternyata Begini Awalnya

NUSADAILY.COM – JAKARTA – ‘Polisi tidur’ di daerah Tangerang jadi sorotan. Sebuah video yang viral di media sosial menunjukkan ada jejeran ‘polisi tidur’ yang dipasang berdekatan. Hal itu terjadi daerah Bayu Asih, Mauk.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Setidaknya ada 20 ‘polisi tidur’ yang dipasang berdekatan di daerah tersebut. Keberadaannya pun jadi meresahkan warga sekitar, akhirnya jajaran ‘polisi tidur’ itu dibongkar.

‘Polisi tidur’ sendiri adalah sebutan lain dari speed bump atau pengurang kecepatan di jalan. Bentuknya, seperti gundukan melintang di tengah jalan yang dapat mengurangi kecepatan pengguna jalan.

BACA JUGA: Viral Penampakan Polisi Tidur hingga 20 Baris, Siapa yang Buat?

Lalu mengapa speed bump disebut sebagai ‘polisi tidur’? Seperti apa sejarahnya?

Dari informasi yang dirangkum dari dictionary.com, Minggu (26/6/2022), penyebutan ‘polisi tidur’ ternyata bukan cuma ada di Indonesia. Malah justru sebutan ini awalnya dipopulerkan di Inggris, di bahasa Inggris namanya ‘sleeping policeman’.

Penyebutan ‘polisi tidur’ sendiri diambil dari fungsi speed bump untuk melambatkan kendaraan. Speed bump melakukan pekerjaan seorang polisi yaitu memperlambat lalu lintas kendaraan di jalan. Kecepatan diperlambat untuk memberikan keselamatan bagi pengguna jalan dan lingkungan sekitarnya.

Di Inggris ‘polisi tidur’ lazim ditemui di kawasan industri atau pergudangan yang sibuk dan ramai lalu lalang. Kehadirannya juga terlihat di tempat parkir dan juga kawasan perumahan privat.

Memasang speed bump tidak hanya membantu memperlambat lalu lintas, tetapi juga membantu mempromosikan mengemudi yang aman di lingkungan yang sibuk. Fungsi tersebut bagaikan pekerjaan seorang polisi, makanya speed bump seringkali disebut sebagai ‘polisi tidur’.

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU