Senin, Januari 24, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsMetropolitanKementerian BUMN Dukung UMKM Akses Usaha

Kementerian BUMN Dukung UMKM Akses Usaha

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Kementerian BUMN mendukung pelaku UMKM di lima area mulai dari pengembangan agar bisa naik kelas hingga akses tempat usaha di infrastruktur publik.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Ini adalah bentuk dukungan BUMN kepada para pelaku UMKM di mana terdapat lima area yang memang kami kembangkan. Pertama adalah BUMN ikut membantu pengembangan UMKM untuk naik kelas, melakukan pembinaan dan juga mendampingi mereka kalau UMKM membutuhkan sertifikasi,” ujar Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto S Ginting dalam seminar daring di Jakarta, Rabu.

BACA JUGA : Kementerian BUMN Minta Perusahaan Plat Merah Gelar Asesmen INDI 4.0

Dia juga menambahkan bahwa BUMN juga ikut mendukung pemberian akses pembiayaan kepada pelaku UMKM baik melalui bank-bank Himbara, BUMN-BUMN non perbankan, perusahaan penjaminan maupun lewat perusahaan asuransi.

Sementara itu berkaitan dengan akses pembiayaan sudah dibentuk pada tahun 2021 yakni Holding BUMN Ultra Mikro yang diharapkan layanan untuk menjangkau pelaku usaha ultra mikro semakin lebih luas.

BACA JUGA : Erick Thohir Ajukan Anggaran Kementerian BUMN 2022 Rp208 Miliar

“Kemudian kami juga mendukung agar BUMN sebagai offtaker dan juga menolong UMKM untuk menjadi bagian dari rantai pasok BUMN supaya hubungan bisnis antara UMKM dan BUMN relatif lebih berkelanjutan,” kata Loto.

Dirinya berharap semakin hari, melalui hubungan itu bisa tercipta efisiensi maupun juga semakin banyaknya penyerapan tenaga kerja.

BACA JUGA : Kementerian BUMN Menetapkan Komisaris Baru Askrindo

BUMN juga mendukung UMKM lewat kurasi dan perluasan akses pasar yang saat ini baik perluasan pasarnya secara offline. Seperti bazaar maupun pop-up store yang disediakan oleh BUMN. Serta perluasan pasar daring PaDi UMKM yang diluncurkan pada 2020. Di mana UMKM semakin memiliki kesempatan bertemu dengan BUMN di platform digital tersebut.

“Selain itu juga sejalan dengan UU Cipta Kerja, kita juga mendukung pemberian akses tempat usaha di infrastruktur publik,” kata Loto.

BACA JUGA : Anggaran Kementerian BUMN pada 2022 Rp208 Miliar

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan peran UMKM sangat penting dalam menggerakkan perekonomian Indonesia.

Menurut Erick, keberadaan BUMN yang dekat dengan rakyat, seperti BRI membantu banyak UMKM dalam kredit mikro dan mengefisienkan proses.(lal)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed