Senin, September 27, 2021
BerandaNewsMetropolitanKasus DBD Meluas, Bamsoet: Pastikan Pelayanan Pasien DBD Ditangani Maksimal

Kasus DBD Meluas, Bamsoet: Pastikan Pelayanan Pasien DBD Ditangani Maksimal

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Meluasnya Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di sejumlah wilayah tanah air, menurut data dari Kementerian Keshatan sejak awal tahun 2021 hingga minggu ke 29 tahun ini kasusnya mencapai 21.739 dengan jumlah kematian 187 orang ditanggapi Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Dalam siaran persnya kepada wartawan Selasa (3/8/2021) Bamsoet sapaan akrab Bambang Soesatyo meminta Kemenkes memastikan pelayanan bagi pasien DBD tetap dapat tertangani secara maksimal.

” meskipun penanganan saat ini banyak difokuskan untuk penanganan covid-19,” Ucapnya.

Selain itu, Bamsoet juga menghimbau kepada Kemenkes agar menyiapkan kelengkapan alat, sarana, prasarana, dan infrastruktur untuk penanganan kasus DBD di setiap rumah sakit maupun fasilitas kesehatan lainnya.

” Kemenkes harus segera mensosialisasikan pencegahan DBD kepada masyarakat yang diiringi dengan protokol kesehatan, yaitu menerapkan 3M (menguras bak penampungan, menutup bak penampungan air, dan mendaur ulang barang bekas yang bisa menampung air), dan menerapkan gaya hidup bersih juga sehat, ” ujar Bamsoet.

Ketua DPR RI ke 20 itu juga, meminta kepada pemerintah daerah dengan kasus DBD tertinggi yaitu Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, dan Nusa Tenggara Barat, segera menekan kasus DBD di wilayah masing-masing dan melakukan strategi baru untuk menanggulangi DBD di tengah situasi pandemi covid-19.

Tidak hanya itu, Bamsoet menegaskan agar seluruh pemerintah daerah berkomitmen menekan angka DBD di tanah air dengan memperkuat upaya penanggulangan DBD, sesuai dengan strategi nasional penanggulangan dengue 2021-2025.

“Saya berharap pemerintah memberdayakan juru pemantau jentik (jumantik) di setiap rumah tangga, sebab kader jumantik saat ini tidak dapat bekerja secara maksimal karena pandemi covid-19,” tutup Bamsoet. (sir/kal)

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

The Legion Nutrition dan Amarta Hills Berkolaborasi Gelar Body Competition

NUSADAILY.COM - KOTA BATU - Produsen suplemen olahraga, The Legion Nutrition tak berhenti memberikan dukungannya di bidang olahraga. Kali ini mereka ambil bagian sebagai...