Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaHeadlineKominfo Resmi Blokir Steam Hingga PayPal, Warganet Ramai-ramai Protes

Kominfo Resmi Blokir Steam Hingga PayPal, Warganet Ramai-ramai Protes

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) hari ini, Sabtu (30/7/2022) resmi memblokir sejumlah situs populer seperti platform distribusi game Steam dan Epic Games Store, hingga layanan transaksi internasional PayPal.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Pada konferensi pers yang digelar Jumat (29/7/2022), Kominfo menyebut sejumlah layanan penyedia platform sudah menerima surat peringatan untuk melakukan pendaftaran ke Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat, namun hingga batas waktu yang ditentukan, sejumlah platform tersebut belum juga mendaftar.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Aptika Kemkominfo, Semuel A. Pangerapan menyebutkan, pihaknya akan mengirimkan surat peringatan pada platform-platfom tersebut.

BACA JUGA: Awas Keblokir! Kominfo Sebut 2.569 PSE Belum Daftar Ulang

Kominfo memberikan tenggat waktu lima hari kerja bagi platform memberikan tanggapan. Apabila dalam lima hari kerja setelah surat dikirimkan dan tidak ada respons, Kemkominfo akan mulai melakukan pemblokiran.

Atas pemblokiran sejumlah situs populer ini, warganet Indonesia ramai-ramai menghujani protes ke Kominfo. Banyak yang geram karena sejumlah situs tersebut dianggap penting dan menjadi andalan masyarakat.

Tagar #BlokirKominfo diikuti PayPal, Epic Games, Steam, Dota pun menduduki puncak trending topic Twitter sejak, Sabtu pagi.

“Man, this tweet becoming more and more relevant each day. Blocking Steam and other gaming sites = Stops eSports growth Blocking PayPal = Stops freelancers receiving payments from abroad Tetap kawal #BlokirKominfo,” cuit @callmemasfer.

“Jarang-jarang main Twitter, kali ini harus buat Internet Indonesia terbuka lagi. Ada jutaan layanan di luar sana yg mungkin akan diblok padahal berguna & positif,” kata @irfan3

“Indonesia banning steam, paypal, epic games, origin etc….. Kesian gila gamers sana,” kata @itstheKaza.

Dampak pemblokiran ini juga dirasakan para musisi atau pekerja Freelance dari Indonesia yang menerima pendapatan via PayPal.

“PayPal diblokir sama @kemkominfo. uang tabungan kita yang ada disana nggak bisa diakses, nggak bisa kirim dan terima pembayaran online,” @aparatmati

Sejumlah warganet menyampaikan, PayPal sebenarnya telah terdaftar dan tercatat di PSE pada Jumat (29/7/2022), namun platform tersebut tetap ikut terblokir.

Terkait hal tersebut, Kominfo hingga berita ini ditulis belum menyampaikan keterangan maupun penjelasan secara resmi. (lna)

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU

Warga Ngawi Temukan Bangkai Perahu Kerjaan Powan di Dasar Sungai Andong

NUSADAILY.COM – NGAWI – Warga menemukan sebongkah batang kayu yang diduga sebagai bangkai perahu kuno di sungai Andong Desa/Kecamatanan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Baca...