Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaNewsJatimRekomendasi LKPJ Wali Kota Malang Tahun Anggaran 2020 Disepakati Legislatif

Rekomendasi LKPJ Wali Kota Malang Tahun Anggaran 2020 Disepakati Legislatif

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

NUSADAILY.COM – MALANG – Rekomendasi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Malang tahun anggaran (TA) 2020 telah disepakati legislatif. Hal tersebut disetujui dalam Rapat Paripurna agenda Pengambilan Keputusan Tentang Rekomendasi/Catatan Strategi LKPJ Wali Kota TA 2020, di ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Malang, Rabu (21/4/2021) sore.

Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika mengatakan, dalam LKPJ Wali Kota Malang TA 2020, legislatif membagi rekomendasi menjadi beberapa bagian.

Untuk Bidang Hukum, legislatif cukup menyoroti adanya kekosongan jabatan. Dalam hal ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang diminta untuk lebih memperhatikan dan mengkaji hal tersebut. Sehingga, proses pengisian jabatan tidak terlalu lama.

“Kami melihat semua rekomendasi itu penting. Misalnya, di bidang hukum, kami minta jabatan-jabatan kosong itu (segera diisi). Kemudian, terkait dengan kenaikan jabatan itu jangan berdasar keinginan, tapi sesuai dengan kebutuhan,” jelas dia.

Kemudian, di bidang Keuangan dan Pendapatan, masih ada beberapa catatan terkait target Pendapatan Asli Daerah (PAD). Apalagi, di tahun 2020, Kota Malang cukup memiliki defisit.

Apapun Alasannya Masih Ada Utang

“Apapun alasanya, masih ada utang, kita punya defisit pendapatan yang harus ditutup di tahun 2021. Walaupun situasinya masih pandemi Covid-19 sekarang harus dikejar,” jelas dia.

Kemudian, bidang pembangunan, persoalan banjir masih menjadi yang disoroti. Artinya, anggota dewan menginginkan adanya pembenahan yang optimal dalam mengatasi persoalan banjir di Kota Malang.

“Segi pembangunan banyak menekankan pada penanganan banjir dan beberapa bangunan-bangunan yang sekarang belum termanfaatkan dengan baik,” tandas dia.

Menanggapi itu, Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, apa yang menjadi rekomendasi dari DPRD Kota Malang akan dilaksanakan sebagaimana mestinya. Adapun, catatan mengenai capaian yang belum berhasil, dikarenakan situasi pandemi Covid-19 yang tidak hanya terjadi di Kota Malang, tapi secara nasional.

Sehingga, dalam hal ini Pemkot Malang akan terus menguatkan berbagai sektor, untuk mengejar capaian-capaian tersebut. Salah satunya, melalui lelang kinerja dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Malang.

“Kami on the track, sebetulnya kalau tidak ada pandemi bisa tercapai. Semua rekomendasi ini beralasan. Akan tetapi, karena situasi pandemi Covid-19 yang menjadikan itu. Kami udah ada lelang kinerja, RKPD juga, melalui itu akan terus kita kuatkan,” tandas dia.(nda/aka)

BERITA KHUSUS

Dok! Seluruh Fraksi di DPRD Ponorogo Setujui Perubahan SOTK Satpol PP dan RSUD

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Usulan Raperda Perubahan kedua atas Perda No.6 Tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah untuk OPD Satpol PP yang...

BERITA TERBARU

Sosok Hasna Nur Shadrina, Mahasiswa Termuda di ITS Berusia 15 Tahun

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Saat teman seusianya masih duduk di bangku SMA, Hasna Nur Shadrina justru sudah terdaftar menjadi mahasiswa di Institut Teknologi Sepuluh...