Senin, Januari 24, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsJatimGubernur Jatim Siapkan Skenario Efek Corona Bagi Pedagang Kecil

Gubernur Jatim Siapkan Skenario Efek Corona Bagi Pedagang Kecil

NUSADAILY.COM- SURABAYA – Ketua rumpun Sosial Ekonomi, Gugus Tugas Lawan Covid -19 Provinsi Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, menegaskan Provinsi Jatim telah merancang skenario memback-up pedagang kecil yang penghasilannya terhempas sebagai dampak sosial distancing akibat Covid-19.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Untuk itu, Kepala Wilayah Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, dan Perbendaraan Kas Negara Jawa Timur, seluruh pimpinan Perbankan swasta dan BUMN diundang Gubernur untuk merumuskan aplikasi stimulus ekonomi dengan mendasarkan regulasi yang ada.

Ada beberapa pos anggaran di Pemprov Jatim yang direalokasikan. Konon mencapai Rp 241 miliar. Belum lagi pemangkasan anggaran DPRD Provinsi sekitar Rp 100 miliar.

Gubernur Jatim, Khofifah, telah pula mengisntruksikan Bupati/Walikota se Jatim untuk memberikan stimulus ekonomi, insurence sesuai kebijakan pusat untuk refocusing. Supaya pelaku ekonomi kecil tidak terputus kelangsungan hidupnya.

Lembaga OJK kata Emil, terkait restrukturisasi kredit. Ada prosedur dan skema yang harus dipenuhi sebagai persyarata, tentu saja tidak otomatis.

“Koordinasi kita seperti apa ? Kita menelisik aset aset bank daerah Bank daerah se Jatim ada Rp 10 Triliun, Bank Jatim ada Rp 2 Triliun, nah dari sini kita siapkan perangkat regulasinya. Soal restrukturisasi kredit juga melihat kemampuan bank,” tukasnya.

Yang terpenting dibeck up Pemprov adalah, bidang Pemasaran hasil pertanian. Sektor ini mempekerjakan 1/3 tenaga kerja total se Jawa Timur.

“Kita akan bentuk Satgas pemasaran pertanian. Kita akan gandeng Puspa Agro. Dan kemarun dapat dukungan Taji Haq , Aprindo, juga mau.
Pelaku ekonomi kecil banyak di sekitar pesantren juga terdampak . Ide Gubernur itu telah diujicobakan di Jember. Nanti segera ditambah jadi 10.000 orang,” ujarnya.(ima)

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed