Kamis, Juni 30, 2022
BerandaLifestyleHealthAwas! Virus Hendra Bisa Jadi Next Pandemi, Simak Gejala-Cara Pencegahan

Awas! Virus Hendra Bisa Jadi Next Pandemi, Simak Gejala-Cara Pencegahan

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Virus Hendra disebut berpotensi menjadi pandemi di masa mendatang. Ahli epidemiologi Dicky Budiman dari Universitas Griffith Australia menilai potensinya sama besar dengan virus Nipah.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

BACA JUGA : Sensasi Si Codot, dari Mitos Kelelawar Hingga Virus Corona

Kabar baiknya, kasus virus Hendra sejauh ini masih jarang dilaporkan pada manusia. Sejak 2013, hanya tujuh kasus yang dilaporkan di dunia. Kekhawatiran virus Hendra kembali mencuat setelah Australia menemukan varian baru Hendra.

“Kita tahu bahwa Henipavirus yang terdiri dari Nipahvirus (NiV) maupun Hendra virus adalah dua virus yang berpotensi menjadi pandemi,” terang Dicky, Senin (23/5/2022).

BACA JUGA : Ratusan Pekerja di Pelabuhan Tanjung Emas Terjebak Banjir Rob

Dicky menyoroti pentingnya deteksi atau surveilans dini untuk mencegah risiko penyebaran virus Hendra. Di Indonesia, ia menyebut studi serologi menemukan 20-25 persen sejumlah jenis kelelawar di Pulau Kalimantan dan Pulau Sulawesi memiliki antibodi terhadap virus Hendra.

“Yang artinya, bisa jadi sudah ada kasusnya (pada manusia) tapi tidak terdeteksi ya,” tandas dia.

BACA JUGA : Temuan Baru Virus dari Kelelawar, 94 Persen Identik SARS-CoV-2

Dilansir dari detik.com, Dicky mengimbau mereka yang memiliki peternakan kuda, hewan yang banyak dilaporkan terpapar virus Hendra, rutin membersihkan lingkungan sekitar. Pasalnya, kotoran hewan yang terpapar bisa menyebarkan infeksi virus.

BERITA KHUSUS

Kabar Gembira! Internet Gratis Masuk RW, Wali Kota Pasuruan: Ada 68 Titik

NUSADAILY.COM – KOTA PASURUAN – Warga Kota Pasuruan kini semakin dimanjakan dengan layanan internet gratis. Tidak hanya sebatas pada ruang publik, seperti taman-taman kota,...

BERITA TERBARU

Heboh! Candi Borobudur Dibangun Nabi Sulaiman, Ini Faktanya

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Sempat heboh narasi yang menyatakan Candi Borobudur dibangun oleh Nabi Sulaiman. Isu ini juga sempat dibukukan oleh KH Fahmi Basya....