Misteri Songgoriti Kota Batu, Ada Cerita Pilu Tentang Perjuangan Sepasang Kekasih

  • Whatsapp
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Tidak banyak yang tahu tentang kisah ini. Kebanyakan orang mengetahui bahwa di Songgoriti Kota Batu Jawa Timur adalah tempatnya berbagai jenis vila.

Baca Juga

Tempat ini juga banyak jadi jujukan menginap di akhir pekan. Padahal konon, Songgoriti punya cerita yang menarik untuk disimak. Cerita tentang cinta sepasang kekasih dan misteri yang ada di dalamnya.

Dilansir dari indonesiakaya.com, dalam cerita “Misteri Istana Songgoriti” dikisahkan tentang pasangan kekasih Sendowo dan Sayekti yang akhirnya memutuskan menikah setelah sekian lama bertunangan.

Lurah Santiko begitu senang dengan rencana pernikahan itu, dan mempersiapkan acara riuh gemerlap untuk Sayekti yang merupakan puteri satu-satunya yang dia sayangi dan menjadi kebanggaan desa Sendangwangi.

Menjelang pernikahannya, tiba-tiba Sayekti menghilang dari rumah. Kemudian, datanglah seorang wanita tua bernama Nyi Rempah Sangit yang berasal dari Coban Rondo, sebuah air terjun yang tak jauh dari Songgoriti.Yaitu di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang.

Nyi Rempah Sangit menuturkan bahwa Sayekti diculik oleh bangsa jin yang merupakan utusan dari Raja bandhit Mayit. Nyi Rempah Sangit memberitahukan bahwa siapa yang ingin menemukan Sayekti harus berpuasa 40 hari lamanya.

Ibunda Mempelai Wanita Puasa 40 Hari

Di tengah keputusasaan, ibunda Sendowo Mbok Senik mengajukan dirinya untuk menjalani puasa itu. Sendowo tidak menyetujui hal ini, namun Mbok Senik memaksa Sendowo untuk tinggal.

Singkat cerita, Mbok Senik berhasil menyelamatkan Sayekti dari Raja Bandhit Mayit. Namun, saat kembali ke desa, seketika Mbok Senik meninggal di pangkuan kedua calon mempelai, yaitu Sendowo dan Sayekti.

Kematian Mbok Senik membuktikan betapa besar cinta kasih seorang ibu kepada anaknya, sehingga kelembutannya bisa menjadi kekuatan maha dahsyat yang dapat mengalahkan angkara murka.

Demikiankanlah sebuah cerita yang dibawakan oleh kelompok Ludruk Genaro Ngalam yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation mempersembahkan Lakon “Misteri Istana Songgoriti” pada tanggal 11 Maret 2018, di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Pertunjukan ini dikemas dengan teknologi multimedia dan penataan musik yang apik sehingga mampu dinikmati oleh masyarakat terutama generasi muda.(aka)

Post Terkait

banner 468x60