Tes Kepemimpinan Bacakades, DPMD Sumenep Libatkan Tenaga Profesional

  • Whatsapp
pilkades sumenep
Ilustrasi Pilkades. (mataramnews)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – SUMENEP – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep Jawa Timur akan melaksanakan tes kepemimpinan bagi bakal calon kepala desa (Bacakades). Tes kepemimpinan ini berlaku untuk calon yang lebih dari lima orang.

Kepala Bidang Pemerintah Desa, DPMD Sumenep Supardi mengatakan, Tes ini akan digelar pada Kamis, 17 Juni mendatang.

Baca Juga

Adapun pelaksanaan tes kepemimpinan tersebut melibatkan dari tenaga profesional, salah satunya dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM). Sedangkan dalam pelaksanaanya, Bacakades akan dilakukan tes tulis dan juga interview.

BACA JUGA: Pikades Sapeken Makin Panas, Bacakades Layangkan Somasi ke P2KD

“Semuanya dilakukan oleh pihak ketiga. Kami netral dan tidak ikut-ikut. Semuanya diserahkan bagi UTM,” katanya, Senin 14 Juni 2021.

Selain itu, kata Supardi, sesuai rencana tempat tes kepemimpinan diletakkan di gedung Islamic Center, Kecamatan Batuan, Sumenep. Saat ini, pigaknya masih dalam koordinasi.

“Masih koordinasi dengan bapak Bupati, karena berkaitan dengan protokol kesehatan,” imbuhnya.

Untuk itu, pelaksanaan tersebut, DPMD melibatkan Satgas Covid-19 karena pelaksanaan tes ditengah Pandemi Covid-19. Bahwa setiap peserta diwajibkan rapid test sehari sebelum pelaksanaan digelar.

“Peserta akan menjalani rapid antigen satu hari sebelum pelaksanaan, tempatnya di Labkesda (Laboratorium Kesehatan Daerah), Jalan KH. Mansur, Sumenep,” terangnya.

Apabila hasil rapid test terdapat Bacakades yang reaktif atau positif Covid-19 akan dilakukan isolasi di RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep. Meski demikian, Bacakades tersebut wajib mengikuti tes kepemimpinan dengan cara daring.

BACA JUGA: Hak Kliennya Dipreteli, Kuasa Hukum Bacakades di Sumenep Ancam Lapor Polisi

Untuk diketahui, tes ini diselenggarakan untuk menyeleksi Bacakades yang jumlahnya lebih dari lima orang setiap desa. Data DPMD Sumenep, terdapat 18 dari 86 desa yang bakal menggelar Pilkades serentak tahun ini yang jumlah pendaftar lebih dari lima orang.

Berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 15 Tahun 2021 tentang perubahan atas Perbup nomor 54 Tahun 2019 tentang Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan, dan Pemberhentian Kepala Desa, jumlah calon setiap desa maksimal lima orang. Jika lebih dari itu, maka dilakukan seleksi dengan sistem point dan tes kepemimpinan. (nam/lna)