Terakhir Operasi Ketupat, Petugas Tetap Putarbalikkan Kendaraan

  • Whatsapp
banner 468x60

NUSADAILY.COM – MALANG – Operasi Ketupat Semeru dengan fokus penyekatan mudik dan arus balik 2021 terus berlanjut hingga hari terakhir ini, Senin (17/5/2021). Pada setiap pos penyekatan Kabupaten Malang, kendaraan nekat keluar masuk wilayah tetap diperiksa petugas Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Malang. Petugas juga banyak putarbalikkan kendaraan.

Penyekatan Kabupaten Malang di antaranya Exit Tol Singosari, Exit Tol Pakis, Exit Tol Lawang, perbatasan Kabupaten Malang – Kabupaten Blitar, Karangkates, serta 2 Pos Pelayanan di Karanglo. Petugas juga pengendara yang melakukan kunjungan wisata ke Kota Batu dan Pantai Selatan Malang.

Baca Juga

“Betul ini hari terakhir, kita menjalankan instruksi pemerintah terkait penyekatan larangan mudik 2021,” ungkap Kasatlantas Polres Malang AKP Agung Fitriansyah, Senin (17/5/2021) dilansir Nusadaily.com.

Pihaknya menyampaikan, belum mengetahui berapa kendaraan yang diputarbalikkan khusus hari ini. Itu karena hari ini belum dilakukan rekapitulasi kendaraan diputarbalikkan oleh petugas lapangan.

Petugas penyekatan berjaga di setiap Pos Pelayanan dan Pos Pengamanan mulai pagi hingga sore. “Kalau jadwal harian direkap sekitar pukul 14.00 nah hari. Data kita perbarui informasinya setelah 14.00,” imbuhnya.

Pos penyekatan mana paling banyak memutarbalikkan kendaraan Agung menyebutkan Exit Tol Singosari. Hingga hari ini exit tol Singosari diprediksi tetap paling banyak memutarbalikkan kendaraan yang masuk ke wilayah Aglomerasi Malang Raya.

“Menurut pantauan kami selama kurang lebih 10 hari ini, exit tol Singosari paling banyak memutarbalikkan kendaraan, rata rata berasal dari Kota Sidoarjo dan Surabaya,” bebernya.

Sebagai informasi, aturan larangan mudik 2021 ini diberlakukan mengacu pada Permenhub Nomor 13 Tahun 2021 tentang pengendalian arus kendaraan selama musim mudik lebaran sebagai langkah strategis dalam upaya pengendalian penyebaran Covid-19. (aje/wan)