Pengendara Waswas, Perbaikan Jalan Tunggu Pengesahan P-APBD

  • Whatsapp
aspal batu
Lapisan aspal mengelupas di jalan alternatif yang berada di Dusun Gangsiran, Desa Tlekung, Kota Batu. (ist)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – NUSADAILY.COM – KOTA BATU – Akses jalan yang berada di Jalan Lamari, Dusun Gangsiran Putuk, Desa Tlekung, Kota Batu kondisinya rusak. Jalan alternatif penghubung menuju Dusun Princi, Desa Gadingkulon ini banyak memantik keluhan warga.

Baca Juga

Warga yang melintas merasa waswas karena kerusakan tepat pada posisi jalan menikung dan menurun. Tampak aspal mengelupas dan berlubang cukup lebar. Panjang jalan yang rusak sekitar 100 meter tanpa ada perbaikan hampir tiga tahun.

Bahaya mengancam pengendara saat datangnya musim penghujan. Rusaknya jalan menimbulkan risiko pengendara tergelincir karena permukaannya yang licin. Hal ini sangat membahayakan terutama bagi pengendara roda dua.

“Pastinya ingin segera diperbaiki biar yang demi keamanan pengendara,” kata Anton Herdi saat dirinya memanfaatkan jalur penghubung alternatif ini.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Batu telah memasukkan usulan anggaran senilai Rp. 198 juta saat PAK APBD 2020. Anggaran itu untuk perbaikan dan peningkatan jalan hot mix pada ruas jalan alternatif tersebut. Anggaran itu bisa direalisasikan setelah mendapat pengesahan PAK APBD 2020 yang saat ini masih diajukan ke Pemprov Jatim.

“Perbaikan kami upayakan secepat mungkin,” kata dia.

Melalui anggaran itu, DPUPR Kota Batu akan melakukan pengaspalan sepanjang 400 meter dan lebar 2,5 meter. Selain itu, DPUPR berencana membangun drainase pada dua sisi jalan. Drainase sebagai jalur pembuangan air agar tak menggenangi permukaan jalan yang menyebabkan kerusakan material jalan.

“Lebar drainase 60 centimeter dan panjangnya 133,5 meter. Setelah bangun drainase baru dimulai pengaspalan,” kata dia. (wok/lna)

Post Terkait

banner 468x60