Kamis, Juli 7, 2022
BerandaNewsMetropolitanRomo Benny Serukan ASN Bangkit Bangun NKRI

Romo Benny Serukan ASN Bangkit Bangun NKRI

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Antonius Benny Susetyo menyerukan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) harus bangun dan bangkit membangun negara Indonesia yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila. Ia juga menambahkan, ASN harus bersyukur dengan bangsa Indonesia yang memiliki Pancasila.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Hal tersebut disampaikan dia dalam acara Seminar dengan tema “Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila di Lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN)” yang diadakan BPIP bekerjasama  dengan pemerintah Kota Metro Lampung, Selasa (24/05/2022).

“Pancasila adalah sebuah keberuntungan untuk kita, itu adalah alat pemersatu kita yang memiliki ratusan suku bangsa dan banyak agama serta kepercayaan serta latar belakang,” kata pria yang akrab disapa Romo Benny itu.

Romo Benny menegaskan, jika Pancasila harus menjadi habitus dalam ASN melaksanakan kehidupannya sehari-hari. “Habitus itu cara berpikir, bertindak, berperilaku. Menjadikan Pancasila sebagai habitus, maka ASN melaksanakan Pancasila secara utuh,” ucap pakar komunikasi politik itu.

Iapun mengungkapkan, menjadi ASN adalah menjadi pelayan publik. Sehingga panggilan ASN bukan menjadi pihak yang memerintah, tetapi harus melayani masyarakat secara penuh, dengan landasan nilai-nilai Pancasila.

“Seorang ASN adalah pelayan publik, dia mengemban tugas dan kewajibannya karena dia orang yang terpilih, untuk melayani. Maka, ASN harus tunduk pada kepentingan bangsa dan negara serta menjalankan perintah atasan, bukan tunduk pada kepentingan politik dan golongan tertentu,” ungkapnya.

Romo Benny berharap ditangan ASN akan dapat menggelorakan perubahan. Karena mereka adalah jiwa dan rahim ibu pertiwi. “Jangan anda (ASN) tertidur, bangun, bangkit, ASN harus mampu membawa perubahan,” tukasnya.

Ditempat yang sama, Walikota Kota Metro Lampung, Wahdi, menyampaikan jika pelaksanaan good governance adalah pengamalan nilai-nilai Pancasila di lingkungan ASN khususnya di Kota Metro Lampung.

“Kita harus memiliki wawasan kebangsaan sehingga memiliki nilai-nilai Pancasila, dan dimulailah membuat good governance, sehingga persaingan global bisa ditanggulangi,” katanya.

Sementara Kapolres Kota Metro AKBP Yuni Iswandari mendorong ASN untuk tetap berkontribusi kepada lingkungan dalam pengamalan Pancasila.

“Kita bisa meminimalisir dengan hal kecil terlebih dahulu. Efeknya mungkin tidak sampai nasional, tetapi efeknya langsung kepada lingkungan kita. Kita harus bantu negara ini sebisa mungkin,” jelasnya.

Sebelumnya, Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi, Rima Agristina, menyampaikan  bahwa aktualisasi nilai-nilai Pancasila menjadi sangat penting.

“Terlebih, saat sekarang ini, sebagai bangsa sedang berusaha bangkit setelah mengalami masa pandemi. Peran ASN sangat penting dalam mengajak masyarakat bisa bangkit dan pulih,” tuturnya

Hadir dalam acara tersebut, Walikota Kota Metro Lampung, Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi, Antonius Benny Susetyo sebagai Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP, Kapolres Kota Metro AKBP Yuni Iswandari, Kepala Kejaksaan Negeri Virgina Hariztavianne, Direktur Evaluasi Edi Subowo, serta ASN di lingkungan Kota Metro Lampung. (sir/wan)

BERITA KHUSUS

Sampaikan LPJ APBD 2021, Gus Ipul: Jadi Motivasi Tingkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Kinerja Keuangan

NUSADAILY.COM – KOTA PASURUAN – DPRD Kota Pasuruan menggelar Rapat Paripurna I dengan agenda Penyampaian Nota Keuangan Raperda tentang Pertanggungjawaban (LPJ) Pelaksanaan APBD Kota...

BERITA TERBARU

4 Inovasi Pesawat Mewah untuk Penerbangan Masa Depan

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Beberapa maskapai dan perusahaan di dunia memperkenalkan beragam desain pesawat terbaru mereka. Mulai dari bangku kapsul hingga desain mewah seperti...