Amalan yang Dianjurkan pada Malam Nuzulul Quran

  • Whatsapp
quran nuzulul
Ilustrasi (Safa-Pexels.com)
banner 468x60

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Nuzulul Quran adalah salah satu keistimewaan pada bulan Ramadan. Pada hari tersebut, Al-Quran diturunkan untuk pertama kalinya kepada Nabi Muhammad SAW.

BACA JUGA: Perbedaan Pendapat Ulama Terkait Waktu Nuzulul Quran – Nusadaily.com

Baca Juga

Hal itu sebagaimana yang tertulis dalam surat Al Baqarah ayat 185:

“Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).”

Karena merupakan salah satu malam yang istimewa, kita dianjurkan untuk mengisi malam Nuzulul Quran dengan amalan-amalan ibadah.

Seluruh umat muslim dianjurkan untuk berlomba-lomba memperbanyak amalan dengan membaca Al Quran, agar mendapatkan pahala dan kemuliaan yang berlimpah. Bukan hanya membaca Al Quran, umat muslim juga bisa melakukan berbagai amalan lainnya.

Dalam buku Amalan di Bulan Ramadhan, Mardiyah disebutkan bahwa ada beberapa amalan yang bisa dilakukan dalam mengisi malam Nuzulul Qur’an di antaranya adalah sebagai berikut ini:

BACA JUGA: Mengapa Nuzulul Quran Diperingati setiap 17 Ramadan? – Beritaloka.com

1. Itikaf

I’tikaf merupakan amalan yang bisa dilakukan saat malam Nuzulul Quran dengan cara berdiam diri di masjid, membaca Al Quran, berdzikir, berdoa, dan melaksanakan shalat malam.

2. Memperbanyak Doa

Amalan malam Nuzulul Quran selanjutnya adalah memperbanyak doa Nuzulul Quran yang berhubungan dengan keinginan atau doa-doa yang sudah ada dalam Al Quran. Hal ini penting, karena di malam Nuzulul Quran, Allah akan mengabulkan doa-doa permintaan umatnya.

BACA JUGA: Bacaan Doa Salat Tahajud Beserta Artinya – Imperiumdaily.com

3. Memperbanyak Salat Malam

Memperbanyak salat malam seperti salat tahajud, juga menjadi salah satu amalan yang dianjurkan. Sebelum melaksanakan salat malam, umat muslim dianjurkan untuk tidur terlebih dahulu setelah salat tarawih di masjid. Kemudian menjelang sahur ataupun tengah malam, bangun dari tidur untuk menunaikan salat malam.

Itulah beberapa amalan yang bisa kita amalkan pada malam Nuzulul Quran. Semoga kita bisa mendapatkan berkah Al Quran di malam istimewa ini.(mic)