Jumat, Mei 27, 2022
BerandaLifestyleHealthCatat Lur! Ternyata Durian Tak Mengandung Kolesterol

Catat Lur! Ternyata Durian Tak Mengandung Kolesterol

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Ada sejumlah persepsi yang salah tentang durian. Fakta yang sebenarnya tak seperti mitos yang selama ini berkembang dari mulut ke mulut ditengah masyarakat.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Buah khas Asia Tenggara ini dianggap mengandung banyak kandungan kolesterol sehingga tak cocok untuk dikonsumsi oleh mereka yang punya masalah kolesterol tinggi.

BACA JUGA: Kudus Kembangkan Sentra Durian dengan Tanam 2.000 Bibit Musangking

Seorang ahli endokrin di Rafles Diabetes dan Endocrine Center mengatakan bahwa ternyata banyak penelitian yang menyebutkan bahwa buah berduri ini tidak memiliki kandungan kolesterol dalam buahnya, alias nol kolesterol. Faktanya, durian mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menurunkan kadar beberapa jenis lemak dalam tubuh, seperti trigliserida dan kolesterol jahat dalam tubuh.

BACA JUGA: Pasar Tengah Sungai Durian Sintang Terbakar Satu Orang Tewas

Kandungan gizi dalam 100 gram daging durian adalah energi sebesar 147 kalori, lemak 5,33 gram. Protein 1,47 gram, karbohidrat 27 gram, dan kolesterol 0 miligram.

BACA JUGA: Siap Go Nasional, DeDurian Park Buka di Bogor

Selain merupakan sumber karbohidrat, lemak, serat, dan protein yang baik, durian merupakan buah yang sarat zat gizi dan memiliki kandungan vitamin yang melimpah. Yakni vitamin C, potasium, asam amino triptofan, asam folat, asam pantonetat, thiamin, riboflavin, niacin dan B6. Bahkan, sekitar 100 gram durian bisa memenuhi 32 persen dari kebutuhan vitamin C harian orang dewasa.

BACA JUGA: Aktor Cilik Matthew White Meninggal Dunia di Usia 12 Tahun

Durian juga mengandung senyawa antioksidan, seperti asam kafeat, antosianin, dan quercetin; dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh, seperti zat besi, kalsium, magnesium, sodium, seng, dan fosfor.

Namun, perlu diingat, karena kandungan kalorinya yang cukup tinggi, sangat disarankan pada masyarakat untuk membatasi jumlah durian yang dikonsumsi.(han)

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Asyik Main Air Banjir, Bocah di Gresik Digigit Ular

NUSADAILY.COM – GRESIK  -  Ini peringatan bagi para orang tua agar menjaga anaknya saat bermain air. Karena ada kejadian saat sedang asyik bermain air...
@nusadaily.com Ning Ita Dampingi Anak Penderita Thalasemia jalani Transfusi Darah #tiktokberita ♬ original sound - Nusa Daily