Senin, Januari 24, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaLifestyleEntertainmentPengakuan Global BTS Buktikan Dampak "Hallyu" sebagai Diplomasi Budaya Korea Selatan

Pengakuan Global BTS Buktikan Dampak “Hallyu” sebagai Diplomasi Budaya Korea Selatan

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Grup K-Pop BTS (Bangtan Boys) dinobatkan sebagai “Artist of the Year” dalam ajang American Music Awards (AMAs) 2021 yang berlangsung di Los Angeles, Amerika Serikat pada Minggu (21/11).

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

AMAs adalah salah satu acara penghargaan berdasarkan pemilihan suara penggemar terbesar di dunia.

Selain mengalahkan nama-nama besar seperti Ariana Grande, Drake, Olivia Rodrigo, Taylor Swift, dan The Weeknd untuk menjadi “Artist of the Year”, BTS juga mendapat dua penghargaan lain yaitu Favorite Pop Duo or Group dan Favorite Pop Song dengan lagu “Butter”.

BACA JUGA: BTS Bawa Pulang 3 Piala di American Music Awards 2021

Kelompok beranggotakan tujuh pemuda asal Korea Selatan itu juga menjadi satu-satunya “perwakilan” Asia yang memenangi gelaran penghargaan musik di benua Amerika.

“Kami tujuh anak laki-laki dari Korea disatukan oleh kecintaan pada musik, bertemu cinta dan dukungan dari ARMY di seluruh dunia. Semua ini adalah keajaiban. Serius, kami tidak akan pernah menganggap sepele (kemenangan) ini,” kata pemimpin BTS, Kim Nam Joon alias Rap Monster (RM) saat menerima penghargaan.

“ARMY” yang dimaksud oleh RM adalah kelompok penggemar BTS. Menurut majalah Time pada 2020 mencapai sekitar 40 juta orang yang tersebar di berbagai negara.

Penghargaan AMAs tersebut menambah panjang rentetan penghargaan yang diterima oleh grup yang memulai debut pada 2013 tersebut.

BTS di industri musik AS makin bersinar setelah merilis lagu “Dynamite” (2020). Lagu tersebut menduduki peringkat satu Billboard Hot 100, menjadikan mereka menjadi grup Korea Selatan pertama yang mencapai rekor tersebut. BTS selanjutnya terus merilis beberapa lagu hits, antara lain “Butter” dan “Permission to Dance”.

“Butter” dari BTS juga menjadi Song of the Summer pada 2021 di Billboard Hot 100 dan berhasil berada di posisi pertama Billboard Hot 100 selama 10 minggu.

Sebelumnya, ketujuh personel BTS yaitu RM, J-Hope, Jin, Suga, Jimin, V dan Jungkook juga berpidato bersama selama 7 menit di ruang sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa, New York pada 20 September 2021. BTS menjadi Utusan Khusus Presiden Korea Selatan untuk Urusan Generasi Masa Depan dan Budaya.

Presiden Korsel Moon Jae In mengakui kekuatan BTS bersama Adorable Representative MC for Youth (ARMY) yang berjumlah puluhan juta di berbagai negara dapat dimanfaatkan untuk kampanye Social Development Goals (SDGs).

BAC AJUGA: BTS Sukses Gelar Konser Luring Pertamanya di LA

“Generasi Corona bukan ‘generasi yang hilang’ tapi ‘generasi penyambutan’, itu lebih tepat istilahnya karena bukannya takut akan perubahan. Generasi ini mengatakan ‘selamat datang’ dan terus maju,” kata Kim Seok Jin atau Jin, personel BTS dalam bahasa Korea saat sidang Majelis Umum PBB.

BTS mengajak dunia, khususnya generasi muda memikirkan kondisi dunia saat ini. Khususnya dampak pandemi COVID-19 yang menyebabkan lebih dari 4,5 juta jiwa meninggal sehingga muncul ancaman generasi hilang.

Menghadapi hal tersebut, RM berpesan agar generasi muda terus mempercayai harapan.

“Jika kita percaya pada kemungkinan dan harapan bahkan ketika hal yang tak terduga terjadi, kita tidak akan kehilangan arah, tapi menemukan (arah) yang baru,” kata RM atau Kim Nam Joon.

Setelah mereka berpidato, dalam sidang tersebut ditayangkan video lagu BTS berjudul “Permission to Dance”. Video tersebut menampilkan RM dan kawan-kawannya menyanyi sambil menari, menyusuri Assembly Hall dan kompleks gedung PBB hingga halaman luar dengan pemandangan ke arah East River. Tentunya tidak lupa mengajak para pendengar dan penonton untuk berjingkrak mengikuti irama cepat lagu “Permission to Dance”.

Pengakuan pasar internasional terhadap BTS membuktikan dampak “Hallyu” (Korean wave) yang masih berlangsung saat ini.

Halaman selanjutnya: Perjalanan “Hallyu”

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com Nadzira Shafa sempat hamil anak Ameer Azzikra #tiktoktaiment ♬ Filtered Light - Nik Ammar / Mike Reed