Pengguna Platform Streaming Musik Didominasi Penggemar K-Pop dibanding Dangdut

Jakpat merilis survei terkait pengguna aplikasi hiburan melalui smartphone (mobile entertainment). Dari beberapa fakta yang dibeberkan, menarik melihat bagaimana pengguna digital streaming platform (DSP) didominasi oleh penggemar K-Pop.

Pengguna Platform Streaming Musik Didominasi Penggemar K-Pop dibanding Dangdut

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Jakpat merilis survei terkait pengguna aplikasi hiburan melalui smartphone (mobile entertainment). Dari beberapa fakta yang dibeberkan, menarik melihat bagaimana pengguna digital streaming platform (DSP) didominasi oleh penggemar K-Pop.

 

"Secara umum pop merupaan genre musik yang didengarkan oleh mayoritas music streamer dengan presentase 83%, posisi kedua dan ketiga adalah K-pop (47%), dan dangdut (37%). Berdasaran negara asal, musik dari Indonesia masih mendominasi playlist (85%), disusul Amerika dan Inggris (71%), serta Korea Selatan (44%)," tulis Jakpat dalam keterangan pers yang dilansir melalui medcom.id.

 

 Selain itu, dalam survei yang sama Jakpat juga membeberkan data topik siniar (podcast) yang paling banyak didengarkan gen Z dan milenial, yaitu komedi (47%), edukasi (43%). Sedangkan Gen X cenderung lebih tertarik isu politik atau berita terkini.

 

Lantas, bagaimana karakter pengguna platform over-the-top (OTT) seperti Netflix, Dinsey+ Hotstar, dan lain-lain? Sebanyak 85% responden menggunakan OTT untuk film, sedangkan 77% untuk menonton serial, dan 27% untuk menonton reality/variety show.

 

 

Konten OTT yang paling banyak ditonton berasal dari Korea Selatan dengan angka 77%, Indonesia sebanyak 57%, dan negara berbasis bahasa Inggris (Amerika dan Inggris) sebanyak 48%.

 

Survei ini dilakukan pada paruh kedua 2023 dengan responden masyarakat Indonesia sebanyak 2356 pengguna mobile entertainment dan 2446 pengguna media sosial.