Urgen ! Gus Muhdlor Gencar Sidak Betonisasi Jalan Agar Selesai Tepat Waktu

“Kami terus memantau progres tiap proyek untuk memastikan berjalan dengan baik. Tidak ada persoalan di lapangan baik secara teknis maupun sosial,” ujar Bupati Gus Mudlor.

Aug 9, 2023 - 21:17
Urgen ! Gus Muhdlor Gencar Sidak Betonisasi Jalan Agar Selesai Tepat Waktu
Bupati H. Ahmad Muhdlor Ali, saat melakukan sidak ke lokasi peningkatan infrastruktur di wilayah Sidoarjo guna memastikan pengerjaan fisik telah berjalan baik.

NUSADAILY.COM-SIDOARJO; Pemerintahan Bupati H. Ahmad Muhdlor Ali S.IP bersama Wakil Bupati H. Subandi SH, terus mendorong pemerataan pembangunan infrastruktur terus didorong di 18 kecamatan di wilayah Sidoarjo. Pihaknya juga selalu memastikan dalam pelaksanaan peningkatan infrastruktur berupa betonisasi beberapa ruas jalan yang saat ini tengah dikerjakan telah memenuhi kelaikan dan kelayakan kuantitas maupun kualitas.

Sejauh ini, hasil sidak yang dilakukan Gus Muhdlor, sapaan Bupati Sidoarjo, ke beberapa lokasi proyek betonisasi  ruas jalan dirasa berjalan dengan baik. Pihaknya berharap betonisasi beberapa ruas jalan yang tengah berlangsung ini harus selesai tepat waktu karena bernilai urgen untuk kelancaran mobilisasi masyarakat sekaligus mendongkrak pengembangan perekonomian daerah sekitarnya.

"Pemerataan pembangunan infrastuktur jalan antar desa harus terus didorong karena itu akan mendongkrak ekonomi warga desa. Kami di pemerintahan sejatinya pelayan rakyat, pelayan penjenengan semua, monggo penjengan sampaikan masukan. Kiranya pembangunan di desa yang memang bersifat sangat penting untuk disegerakan. Khusus untuk pembangunan jalan beton tiap tahun terus kita kebut," tegas Gus Muhdlor, pada Rabu (9/7/2023) siang.

Atas dasar urgensi itulah, Gus Muhdlor selalu menyempatkan untuk meninjau ke beberapa proyek peningkatan jalan yang tengah berlangsung. Seperti ketika meninjau pengerjaan betonisasi ruas jalan Geluran, Taman - Suko, Sukodono yang memasuki tahap pemasangan U-Ditch dan pengecoran pondasi lapis bawah.  “Kami terus memantau progres tiap proyek untuk memastikan berjalan dengan baik. Tidak ada persoalan di lapangan baik secara teknis maupun sosial,” ujar Gus Mudlor.

Dia menambahkan jalur jalan yang tengah dibetoni ini merupakan ruas jalan yang padat kendaraan dan padat pemukiman dimana jalan ini menjadi jalan utama masyarakat menuju jalan raya Taman. Sehingga diharapkan selesai tepat waktu, akhir tahun rampung.

"Lagi-lagi kami mohon maaf untuk ketidaknyamanan ini, yang mana masyarakat harus melalui jalan alternatif yang mungkin lebih jauh dari sebelumnya. Namun kesabaran masyarakat dan ketaatan masyarakat nantinya akan membuahkan hasil proyek selesai tepat waktu, sehingga bisa menikmati jalan yang lebih baik," ucap Gus Muhdlor.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sidoarjo, Dwi Eko Saptono mengatakan jalan dengan panjang 1.570 meter dan lebar 6-7 meter tersebut kami targetkan selesai akhir Desember 2023. "Kami terus kebut pengerjaan proyek ini agar masyarakat segera bisa menikmati jalan dengan kondisi yang lebih baik untuk akses jalan yang kami rasa sangat darurat ini," tegas Dwi.

Beberapa proyek betonisasi jalan yang juga menjadi perhatian Jalan Desa Tropodo 1 Kecamatan Waru, yang juga diharapkan selesai pertengahan Desember 2023. Sedangkan untuk peningkatan jalan Juwetkenongo-Krembung,  yang merupakan hasil kolaborasi Pemkab Sidoarjo dengan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur, juga segera dimulai.  

Plt. Sekretaris Kabupaten Sidoarjo Anjdar Surjadianto mengatakan sesuai instruksi presiden, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melalui BBPJN Jawa Timur Bali wajib melaksanakan kegiatan peningkatan jalan juwetkenongo Krembung 1 dan 2.

"Ruas jalan tersebut memiliki peran penting dalam menunjang kelancaran pergerakan logistik dan lalu lintas antar Kecamatan sekaligus sebagai prasarana aksesibilitas antar wilayah yang lebih luas berskala Kabupaten, sehingga Pemerintah harus bekerja cepat untuk mengejar target pengerjaan proyek berjalan lancar yaitu Desember 2023 selesai," jelasnya.

Proyek betonisasi Juwetkenongo Krembung 1 memiliki panjang jalan 1.820 meter dengan lebar 7,5 meter sedangkan krembung 2 memiliki panjang 3.650 meter dengan lebar 7,5 meter. Proyek betonisasi yang terdiri dari dua segemen tersebut ditarget rampung pada Desember 2023. "Bulan Agustus ini, kami akan menyelesaikan proses perizinan dan proses rekayasa lalin, diharapkan pada akhir Agustus 2023 sudah masuk pengerjaan fisik," kata Dwi, menambahkan. (*/ful)