Tingkatkan SDM Pelayanan Pajak, Gus Ipul Ajak Petugas Pajak “Tebar Pesona”

Tingkatkan SDM Pelayanan Pajak, Gus Ipul Ajak Petugas Pajak “Tebar Pesona”

NUSADAILY.COM - PASURUAN - Badan Pengelola Keuangan Pendapatan (Bapenda) Kota Pasuruan menggelar kegiatan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pelayanan Pajak Daerah. Pembekalan ini dilakukan lewat sosialisasi yang membawa tema TEBAR PESONA (Terampil, Sabar, Profesional dan Amanah).

Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menyampaikan harapannya kepada para petugas pajak dapat meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan kemampuannya dalam pelayanan pajak. Ia mengajak para petugas pajak untuk “Tebar Pesona” khususnya dalam hal pengawasan dan penagihan pajak.

“Terampil dalam hal ini menyangkut seberapa besar pengetahuan petugas pajak terhadap tugas, wewenang serta tanggung jawabnya. Karena petugas pajak ini menggunakan sistem, prosedur-prosedur, juga teknologi dalam proses pelayanan pajak yang tentunya membutuhkan keterampilan,” ujar Gus Ipul
Senin, (17/7/2023).
 
Menurut Gus Ipul, dalam proses pengawasan dan penagihan pajak ada beberapa hal yang menjadi tantangan. Untuk itu, para petugas pajak harus profesional dan penuh kesabaran. 

 “Menghadapi tantangan saat ini, memang kita harus luwes dan tangguh dalam proses pengawasan dan penagihan pajak. Saya ajak para petugas untuk profesional dalam menjalani tugas dan tanggung jawab dan menerapkan dengan baik penuh kesabaran,” ucap Gus Ipul.

Gus Ipul juga mengatakan, amanah menjadi hal penting dalam pelayanan pajak. Petugas diminta untuk patuh dan bertanggung jawab atas pekerjaan yang diberikan. 

“Amanah ini yang seringkali prakteknya tidak mudah untuk dilakukan. Intinya, petugas pajak harus bisa mempertanggungjawabkan apa yang diberikan. Jangan sampai ada yang tidak sesuai. Ini harus diterapkan betul,” kata Gus Ipul.

Lebih lanjut, Gus Ipul menekankan bahwa pajak daerah dan retribusi daerah merupakan salah satu sumber pendapatan daerah yang penting untuk melakukan pembangunan di Kota Pasuruan. Untuk itu, mutu pelayanan pajak di Kota Pasuruan harus ditingkatkan. 

“Target pendapatan daerah yang terpenuhi ini untuk pembangunan Kota Pasuruan. Kalau setiap sudut kota ini bagus maka para wajib pajak semangat untuk membayar pajak. Dengan begitu, diharapkan penerimaan pajak daerah lancar dan meningkat,” pungkasnya.

Kepala Bapenda Kota Pasuruan, Nyoman Swasti, menyampaikan tujuan dan maksud dari kegiatan ini kegiatan untuk meningkatkan kapasitas SDM pelayanan pajak agar mengerti dan memahami serta mampu melaksanakan pengawasan dan penagihan pajak daerah dengan semangat “Tebar Pesona” .

“Melalui kegiatan ini, diharapkan para pelayanan pajak khususnya dalam pengawasan dan penagihan pajak dapat menerapkan hasil kegiatan dalam pengelolaan pajak daerah sehingga akan berdampak pada optimalisasi penerimaan daerah dari sektor pajak daerah,” ujar Nyoman.

Kegiatan yang dilaksanakan pada 17-18 Juli 2023 ini diikuti oleh pegawai Bapenda Kota Pasuruan, Inspektorat Kota Pasuruan, dan Satpol PP Kota Pasuruan dengan narasumber Ketua DPRD Kota Pasuruan, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Praktisi dari KPP Kota Pasuruan, Praktisi dari CV. Widya Naara Nusantara Kota Malang. (oni)