Begini Keyakinan Ganjar soal Ceruk Suara Capres Lain di Indonesia Timur

Ganjar mengaku menerima banyak aspirasi saat menghadiri pertemuan bersama TPD. Menurutnya, TPD akan menyiapkan isu-isu serta strategi penyelesaian.

Begini Keyakinan Ganjar soal Ceruk Suara Capres Lain di Indonesia Timur

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo yakin mampu meraup suara terbanyak di wilayah Indonesia Timur, khususnya Sulawesi Tengah, meski wilayah tersebut menjadi ceruk suara dari capres lain.

Ganjar mengatakan bahwa masyarakat telah mengetahui latar belakang dan program-program yang ditawarkan masing-masing capres.

"Meskipun saya tahu, di Sulawesi Tengah ini dikenal sebagai ceruk suara capres lainnya, tapi saya optimis mampu memperoleh suara terbanyak," kata Ganjar usai rapat terbatas dengan Tim Pemenangan Daerah (TPD), caleg partai pengusung dan relawan di Palu, Senin (4/12)

Ganjar mengaku menerima banyak aspirasi saat menghadiri pertemuan bersama TPD. Menurutnya, TPD akan menyiapkan isu-isu serta strategi penyelesaian.

"Mudah-mudahan ini menjadi kekuatan untuk memperbaiki. Harus optimis," ujarnya.

Lebih jauh, Ganjar tak merasa khawatir kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke sejumlah daerah di Indonesia Timur akan menyapu bersih perolehan suaranya.

"Pak Jokowi kan presiden, karena Pak Jokowi presiden jadi Pak Jokowi bisa ke mana pun, untuk kepentingan apa pun. Saya selalu menghormati," ucapnya.

Presiden Jokowi kerap mengunjungi beberapa daerah di Indonesia Timur tak lama usai Ganjar mengunjungi daerah tersebut, seperti di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pada Pilpres 2019 lalu, KPUD Sulawesi Tengah mencatat jumlah suara sah dalam rekapitulasi yakni 1.621.242 suara dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang mencapai 2.070.458 juta

Pasangan capres dan cawapres nomor urut 1, Joko Widodo-Ma'ruf Amin berhasil meraih 914.588 suara di Sulawesi Tengah. Sementara Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meraup 706.654 suara.

Sementara itu, kursi legislatif DPR RI di Sulawesi Tengah resmi dimenangkan oleh Partai NasDem. Partai besutan Surya Paloh itu meraup 271.513 suara.

Raihan Nasdem disusul berturut-turut oleh Gerindra (207.117 suara), Golkar (194.712 suara), PDIP (165.504 suara), Demokrat (127.562 suara), PAN (97.608 suara), PKS (96.004 suara) dan PKB (95.900 suara).(han)