Hari Ini Jokowi dan Xi Jinping Akan Tinjau Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden China Xi Jinping dijadwalkan akan menyaksikan uji dinamis Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) hari ini.

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden China Xi Jinping dijadwalkan akan menyaksikan uji dinamis Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) hari ini. Pemerintah memastikan kedua kepala negara itu akan menyaksikan secara virtual dari Bali.

Informasi pertama mengenai jadwal uji coba yang disaksikan Jokowi dan Xi Jinping ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut B. Pandjaitan beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Menelisik Niat Anies Temui Gibran di Solo


"Kalau Kereta cepat itu saya kira nggak ada masalah. Nanti tanggal 16 November jam 4 sore, kira-kira itu nanti ada dynamic test, disaksikan Presiden Jokowi dan Xi Jinping zoom dari Bali," saat ditemui setelah acara gerakan #DemiIndonesia detikcom, di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Sabtu (29/10) lalu.

Informasi dari KCIC

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) juga telah mengatakan bahwa kedua kepala negara itu dijadwalkan memantau uji dinamis Kereta Cepat. Rahadian menyebut berbagai persiapan telah siap.

"Kegiatannya besok. Dari jadwal sementara sekitar pukul 17.00 WITA," kata GM Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Rahadian Ratry dilansir dari detikcom, Selasa (15/11/2022).

"Kami sudah melaksanakan persiapan sejak 9 November untuk memastikan segala persiapan dapat berjalan dengan lancar," ucapnya.

Sebagai informasi, uji dinamis Kereta Cepat Jakarta-Bandung juga tidak akan dilakukan di seluruh jalur sepanjang 142 km. Pengujian baru akan dilakukan sepanjang 15 km dari Stasiun Tegalluar menuju Casting Yard 4 di daerah Kopo, Bandung.

BACA JUGA: Suasana Nyaman Bikin Biden Kerasan di Bali, Bilang ‘Tak Ingin Pulang’ ke Jokowi


Sistem kelistrikan untuk uji dinamis Kereta Cepat Jakarta-Bandung dipastikan sudah menyala. Sistem pengereman pada kereta inspeksi hingga persinyalan juga sebelumnya sudah dilakukan pengujian pada (10/11).

"Kereta inspeksi ini adalah kereta yang akan digunakan pada uji dinamis dan hari ini merupakan hari perdana melaju di atas rel," ujar Rahadian.(eky)