Minggu, Desember 5, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaLifestyleEntertainmentWow Keren… Rumah Penyanyi Dangdut Iis Dahlia Sekitar Rp 30 Miliar

Wow Keren… Rumah Penyanyi Dangdut Iis Dahlia Sekitar Rp 30 Miliar

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Dari foto-foto yang beredar di media sosial, rumah Iis Dahlia memang terbilang mewah. Bangunan bercat putih terang itu terdiri dari dua lantai, memiliki halaman luas, serta terdapat fasilitas kolam renang. Sebagai penyanyi, Iis Dahlia juga melengkapi rumahnya dengan studio musik.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Namun saat ini, pedangdut Iis Dahlia mengaku kerepotan membayar cicilan KPR (Kredit Pemilikan Rumah)-nya sebesar Rp 250 juta sebulan. Hal ini karena pemasukannya berkurang, sebagai akibat mengurangi kegiatan tampilnya untuk mencegah penularan virus corona COVID-19.

Padahal berbagai kewajiban cicilan masih tetap harus dia bayar, termasuk yang terbesar yakni KPR rumahnya sebesar Rp 250 juta per bulan.

Tangkapan Layar Youtube Transmedia.

“Kena banget (imbasnya). Aku kan baru utang rumah satu tahun, tagihan aku per bulan Rp 250 juta, kalau aku nganggur empat bulan saja, udah Rp 1 miliar aku harus bayar ke bank. Bank juga enggak bisa disetop,” kata pelantun lagu ‘Payung Hitam’ itu beberapa waktu lalu.

Dengan segala kelengkapan fasilitas itu, cukup wajar jika angsuran KPR yang harus dibayarkan penyanyi kelahiran Indramayu, Jawa Barat, itu mencapai Rp 250 juta per bulan. Lantas dengan cicilan sebesar itu, kira-kira berapa harga rumah Iis Dahlia?

Kalau diasumsikan masa angsurannya selama 10 tahun (120 bulan), maka total angsuran yang dibayarkan Iis Dahlia mencapai Rp 30 miliar. Tapi tentu itu bukan hanya pokok utang, melainkan juga termasuk bunga.

Jika diasumsikan bunga KPR-nya sebesar 7,5 persen per tahun atau setara 0,63 persen per bulan, maka total bunga yang harus dibayar Iis Dahlia selama masa angsuran hampir Rp 9 miliar. Sehingga pokok kreditnya saja adalah sebesar Rp 21 miliar. Angka itu diperoleh total angsuran yang dibayarkan Iis Dahlia yakni Rp 30 miliar, dikurangi bunga sebesar Rp 9 miliar.

Fasilitas rooftop golf di rumah Iis Dahlia (tangkapan layar Youtube DeHakims).

Untuk bisa mendapat KPR, tentu saja nasabah harus membayarkan uang muka atau down payment (DP). Rata-rata uang muka KPR adalah sebesar 30 persen dari harga rumah. Dari asumsi itu, dapat diketahui dengan utang pokok Rp 21 miliar (setara 70 persen harga rumah) ditambah DP 30 persen, maka harga rumah yang sedang diangsur Iis Dahlia adalah sebesar Rp 30 miliar.

Seorang senior account executive KPR di sebuah bank BUMN papan atas yang dikonfirmasi kumparan, membenarkan hitungan berdasarkan sejumlah asumsi itu. “Iya segituan lah (Rp 30 miliar) harga rumah-nya,” katanya.(via)

- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR