Arsenal Tumbang di Kandang PSV Eindhoven

PSV bisa memecah kebuntuan di babak kedua melalui Joey Veerman pada menit ke-55. Pasukan Ruud van Nistelrooy kemudian menggandakan keunggulan pada menit ke-63 dari sundulan Luuk de Jong. PSV menutup laga dengan kemenangan 2-0. Tambahan tiga angka bikin PSV saat ini mengumpulkan 10 poin.

NUSADAILY.COM - EINDHOVEN - Arsenal tumbang 0-2 di markas PSV Eindhoven pada laga Liga Europa. Tuan rumah bisa saja menang lebih besar, jika tiga gol lainnya tak dianulir. PSV Vs Arsenal tersaji di Philips Stadium pada matchday kelima Grup A Liga Europa, Jumat (28/10/2022) dini hari WIB. Serangan cepat tuan rumah mampu merepotkan Arsenal.

Pada babak pertama, PSV sempat dua kali membobol gawang Arsenal lewat Cody Gakpo dan Xavi Simons. Namun, dua gol ini dianulir akibat offside. Skor 0-0 hingga turun minum.

PSV bisa memecah kebuntuan di babak kedua melalui Joey Veerman pada menit ke-55. Pasukan Ruud van Nistelrooy kemudian menggandakan keunggulan pada menit ke-63 dari sundulan Luuk de Jong. PSV menutup laga dengan kemenangan 2-0. Tambahan tiga angka bikin PSV saat ini mengumpulkan 10 poin.

Mereka berada di urutan kedua tertinggal dua poin dari Arsenal di puncak klasemen. Kedua tim ini bakal berebut posisi teratas demi tiket ke 16 besar.

Poin Arsenal dan PSV sudah pasti tak bisa terkejar Bodo/Glimt (empat poin) dan Zurich di posisi ketiga dan keempat (3 poin).

PSV mengancam kala laga baru berjalan tujuh menit dari upaya Xavi Simons. Namun, sepakannya masih bisa ditepis oleh Aaron Ramsdale.

Pada menit ke-19, PSV bisa menggetarkan jala Arsenal lewat aksi Cody Gakpo. Ia memperdayai Ramsdale lewat sepakan chip. Gol ini tapi kemudian dianulir krena Gakpo offside.

Arsenal coba merespon. Dua menit berselang, Eddie Nketiah punya kesempatan menyambut umpan silang Fabio Vieira. Usahanya ini masih bisa dibendung Walter Benitez.

The Gunners kembali punya peluang di menit ke-39. Kali ini dari usaha akrobatik Gabriel Martinelli. Kesempatan ini juga belum berbuah gol karena masih melambung.

Pada menit ke-43, Simons secara luar biasa mengecoh tiga pemain Arsenal sebelum mencetak gol memanfaatkan bola pantul Anwar El Ghazi. Namun, gol ini kembali dianulir karena El Ghazi offside.

Skor 0-0 tak berubah hingga babak pertama tuntas.

Gol!!! Selepas jeda, PSV akhirnya benar-benar bisa mencetak gol pada menit ke-53. Joey Veerman melepas tembakan terukur ke pojok kiri gawang Arsenal menyambut sodoran bola dari Luuk de Jong.

PSV semakin menekan usai bisa memecah kebutuan. Hasilnya mereka bisa menggandakan keunggulan pada menit ke-63.

Gol!!! De Jong membobol gawang Arsenal menyambar sepak pojok Gakpo. Ia bisa menyundul bola mendahului Ramsdale yang berusaha melakukan tinjuan.

Gakpo bisa mencetak gol pada menit ke-66 menyambar bola kiriman dari sisi kanan. Gol PSV ini lagi-lagi dianulir karena offside.

Sempat berada dalam gempuran PSV, Arsenal bisa lepas dari tekanan di akhir laga. Mereka memburu gol untuk bisa menipiskan ketinggalan.

Namun, usaha mereka tak membuahkan hasil. Skor 2-0 untuk PSV menutup 90 menit. (wan) 

Susunan Pemain

PSV : Walter Benitez; Philipp Mwene, Andre Ramalho, Jarrad Branthwaite, Philipp Max; Joey Veerman, Ibrahim Sangare, Erick Gutierrez; Xavi Simons, Anwar El Ghazi, Cody Gakpo.

Arsenal: Aaron Ramsdale, Takehiro Tomiyasu, Rob Holding, William Saliba, Kieran Tierney; Martin Odegaard, Albert Sambi Lokonga, Granit Xhaka; Fabio Vieira, Eddie Nketiah, Gabriel Martinelli.