Presiden Jokowi Puji Kreativitas Anak Muda dalam Peresmian Papua Street Carnival,

Papua Street Carnival mendapat pujian dari Presiden Joko Widodo. Event yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), kolaborasi dengan Papua Youth Creative Hub (PYCH) yang merupakan binaan Badan Intelijen Negara (BIN) tersebut dinilai sukses membangkitkan kreativitas muda mudi Papua.

Presiden Jokowi Puji Kreativitas Anak Muda dalam Peresmian Papua Street Carnival,

NUSADAILY.COM - JAYAPURA -  Papua Street Carnival mendapat pujian dari Presiden Joko Widodo. Event yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), kolaborasi dengan Papua Youth Creative Hub (PYCH) yang merupakan binaan Badan Intelijen Negara (BIN) tersebut dinilai sukses membangkitkan kreativitas muda mudi Papua.

 

"Dengan memohon berkah dan anugrah dari Tuhan Yang Maha Esa, pada pagi hari ini, Papua Street Carnival secara resmi saya nyatakan dibuka dan dimulai," kata Jokowi dalam sambutannya di pelataran Kantor Gubernur Papua, Jayapura, Jumat, 7 Juli 2023 sebagaimana dilansir dari medcom.id.

 

Peresmiandengan menekan tombol secara bersama-bersama dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno, Kepala BIN Budi Gunawan, serta Plh. Gubernur Papua, M. Ridwan Rumasukun. 

Presiden Jokowi mengaku telah melihat perkembangan PYCH sejak diresmikan olehnya pada Maret 2023 lalu, dan merasa yakin bahwa anak muda Papua akan mencapai lompatan besar dalam pengembangan industri kreatif di daerah ini.

 

Presiden Jokowi menyoroti kemajuan PYCH dalam bidang fashion design, dengan desain-desain yang sangat baik dan dikemas dengan brand yang menarik. Presiden Jokowi juga menyebutkan tentang produksi handphone dan laptop yang dilakukan oleh anak muda Papua, sebuah terobosan yang luar biasa dalam industri kreatif di wilayah Indonesia bagian Timur. 

 

"Saya meyakini anak muda Papua akan melakukan sebuah lompat besar," tegas Jokowi. 

 

Jokowi berharap pariwisata dan ekonomi kreatif di Papua semakin berkembang, memberikan dampak positif bagi masyarakat Papua, dan mengangkat citra Papua sebagai destinasi pariwisata unggulan dengan potensi kreatif yang melimpah.

 

"Ini dilakukan bukan di Indonesai bagian barat, tetapi dilakukan di Indonesia bagian timur, di tanah Papua. Sebuah lompatan. Dan nanti kita lihat industri kreatif Papua seperti apa akan kita lihat pagi hari ini," ucapnya. 

 

Pemerintah telah berkomitmen untuk meningkatkan aksesibilitas, infrastruktur pendukung industri pariwisata dan ekonomi kreatif, serta kesejahteraan masyarakat di Papua. 

 

Sementara Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno, atau akrab disapa Sandi, memberikan apresiasi yang tinggi terhadap karya-karya anak muda PYCH. 

 

Menurutnya, Papua Street Carnival merupakan pagelaran ekonomi kreatif pertama di tanah Papua. Hal ini tentu menjadi catatan sejarah positif bagi pembangunan pariwisata dan ekonomi kreatif Papua.  

 

"Papua Street Carnival adalah wadah bagi pelaku ekonomi kreatif, cerminan anak muda untuk memajukan Papua. Dan kreasi-kreasinya luar biasa, masif, meriah, dan insyaallah mendunia," ucapnya.

 

Sandi menyatakan bahwa pagelaran Papua Street Carnival akan digelar setiap tahun. Sandi optimis dengan kolaborasi yang dilakukan antara Kemenparekraf dan BIN yang dikomandoi oleh Kepala BIN Budi Gunawan, industri kreatif di Papua akan lebih maju, berdampak positif bagi masyarakat Papua dan menjadi sorotan dunia.

 

"Saya sangat yakin, bersama dengan Pak Kabin, Papua bisa menjadi ikon wilayah baru, pagelaran acara yang menarik di mata dunia," tegas Sandi. 

 

Sandi menyatakan bahwa kolaborasi dengan PYCH, yang merupakan binaan dari BIN, memungkinkan potensi ekonomi kreatif di Papua dapat terwujud. Papua Street Carnival 2023 menjadi wadah bagi anak-anak muda Papua untuk mengembangkan diri dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua.

 

"Bersama BIN, kami Kemenparekraf berkolaborasi, Papua Street Carnival ini adalah bentuk dari 'gercep, Bapak Presiden' gerak cepat," ujar Sandi.

 

Selain itu, kehadiran PYCH sebagai binaan dari BIN dalam acara ini menunjukkan peran strategis BIN dalam mendukung pengembangan potensi anak-anak muda Papua. Kolaborasi antara Kemenparekraf dan PYCH binaan BIN menjadi salah satu langkah konkret untuk mendorong pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Papua.

 

Papua Street Carnival 2023 menjadi ajang yang meriah dan hebat, menghadirkan kemegahan budaya Papua dan kekayaan sumber daya alamnya. Dengan suksesnya Papua Street Carnival ini, diharapkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Papua semakin berkembang dan mengangkat citra Papua sebagai destinasi pariwisata unggulan di tingkat internasional.

Kemajuan PYCH disampaikan ke Jokowi

Dalam rangkaian Palua Street Carnival, Presiden Jokowi didampingi Sandi, Tito, Pratikno, Budi Gunawan dan pejabat lainnya sebelum peresmian meninjau stand pameran dari anak muda PYCH, seperti stand Waibu Agro Edu Tourism, brand laptop dan Hp dari TOP.ID, Handicraft, screen printing, aunthentic FNB, Papua Coffe, PYCH Store, kriya hingga stand para pelaku ekonomi kreatif lainnya. 

 

Jokowi bersama rombongan terlihat berinteraksi dengan mereka. Anak muda binaan BIN tersebut menyampaikan kemajuan dari PYCH, setelah diresmikan oleh Jokowi pada Maret 2023 lalu. Jokowi memberikan apresiasi hal tersebut.

 

Peresmian tersebut turut dihadiri Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia,Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan pejabat lainnya. 

 

Papua Street Carnival melibatkan ribuan pelaku ekonomi kreatif, ribuan pengisi acara, ratusan parade busana, ratusan pameran UMKM kreatif yang diikuti lebih dari 3.000 pelaku UMKM kreatif yang memamerkan produk-produk kreatif lokal yang mencerminkan keahlian dan kreativitas masyarakat Papua. 

 

Lalu, ratusan perahu hias yang berasal dari kampung adat dan nelayan setempat hingga karnaval. Mereka menampilkan beragam karya dan warisan budaya Papua yang kaya, indah, dan unik.

 

Adapun para perancang busana karnaval yaitu Ezterlin Baransano, Jenita Hilapok, Jeane M. Mariene, Eunike Yunita Raubaba (Unie), Alfa Mesak Suebu, Yan Pepuho, Yanpiet Pattynama (Pato), Hermin Rachel Makanuay, Lusy Sampary Umbora, Alfianty Mandosir, Irfais Marasabessy & Isak Osbabur (Baju Lukis). Mereka semua anak muda PYCH binaan BIN. 

 

Papua Street Carnival menampilkan mulai dari parade Tarian Fuu dengan alat musik Tifa. Kemudian parade 7 wilayah adat Papua diawali dengan replika Tifa raksaksa, terdiri dari wilayah adat Mamta/Tambi, Saereri, Doberai, Bomberai, Anim Ha, La pago, dan Me-pago, hingga parade busana karnaval yang terinspirasi dari flora, fauna, dan kekayaan budaya yang ada di Tanah Papua. Ada pula Pawai Papua Street Carnival dengan 20 kendaraan pick up hias yang membawa sekitar 50 parade kostum. 

 

Hiburan marching band pada beberapa titik jalan di area sekitar Kantor Gubernur hingga pesta rakyat yang menampilkan tari-tarian, musik, hingga stand up comedy.

 

Pengisi panggung hiburan di antaranya, Shine Of Black, Mac (Music Anak Coment), Soundphoria, Tari Fu And Tiffa (Sanggar Miktam), Tari Yospan (Sanggar Honong), Pyhc Choir, Color Guard (Taners Papua) hingga Marching Band Sman 4 Jayapura. Kegiatan tersebut juga disaksikan ribuan masyarakat Papua yang hadir dari berbagai wilayah.(*)