Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaLifestyleTravelPunya Swasta, Pemkab Tak Bisa Apa-apa dengan Hotel Berhantu di Bedugul

Punya Swasta, Pemkab Tak Bisa Apa-apa dengan Hotel Berhantu di Bedugul

NUSADAILY.COM – TABANAN – Pemerintah Kabupaten Tabanan menyatakan tak bisa berbuat apa-apa terhadap bangunan Hotel Puncak Indah Bedugul yang berhantu dan mangkrak selama puluhan tahun.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Langkah untuk mendorong agar bangunan hotel itu bisa dioperasikan kembali, rupanya tidak memungkinkan dari sisi kewenangan yang dimiliki pemerintah daerah.

“Kami dari Pemda, kan izin sudah lama sudah dulu review itu. Tapi di satu sisi kami tidak bisa berbuat apa-apa terkait nasib bangunan itu. Karena itu punya pihak swasta,” kata Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbang), I Gede Urip Gunawan.

BACA JUGA: Objek Wisata Bedugul-Bali Mulai Ramai, Capai 300 Orang Per Hari

Bila ada yang menuding bahwa lahan lokasi keberadaan hotel tersebut sebagai lahan tidur, menurut Gunawan hal itu tidak tepat. Karena nyatanya bangunan telah berdiri kokoh, tetapi sayangnya hotel tidak beroperasi.

“Beda kalau itu lahannya milik pemerintah daerah yang disewa. Atau bangunan milik pemerintah,” tegasnya.

Meski demikian, ia menyebutkan bahwa mangkraknya bangunan hotel itu hanya sebatas berdampak pada kemungkinan pemerintah daerah tak bisa menggarap potensi pendapatan asli daerah (PAD) melalui pajak hotel dan restoran (PHR).

“Sebetulnya dirugikan karena tidak ada kesempatan menambah PAD dari sisi PHR. Jujur kalau bisa kan dioperasikan agar bisa berkontribusi ke daerah,” tukasnya.

BERITA KHUSUS

Peringatan HUT ke-77 RI Kota Pasuruan, Dari Upacara Bendera Hingga Bagi Akta Kelahiran

NUSADAILY.COM - PASURUAN - Puncak Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di Kota Pasuruan dilaksanakan pada Rabu, 17 Agustus 2022. Dimulai dengan Upacara peringatan...

BERITA TERBARU

Konser Mario Parizek Dibatalkan Karena Dugaan Perampasan Budaya

NUSADAILY.COM – ZURICH – Setelah beberapa konser yang baru-baru ini dibatalkan, kali ini musisi asal Austria Mario Parizek yang berambut gimbal ikut andil. Menurut...