Sabtu, Juni 25, 2022
BerandaLifestyleTravelKeren Nih! Pembangunan Kereta Gantung di Gunung Rinjani Segera Dimulai

Keren Nih! Pembangunan Kereta Gantung di Gunung Rinjani Segera Dimulai

NUSADAILY.COM – MATARAM – Rencana pembangunan kereta gantung di kaki Gunung Rinjani wilayah Desa Lantan, Kecamatan Lombok Tengah, NTB akan segera dimulai. Proyek pembangunan kereta gantung tersebut telah mendapat izin dari Pemerintah Provinsi NTB dan Pemerintah Pusat.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Rencana pembangunan proyek glamping itu akan menelan biaya awal sebesar Rp 600 miliar. Pembangunan kereta gantung di Desa Lantan dibiayai oleh investor asal Tiongkok dengan menggandeng PT Indonesia Lombok Resort.

BACA JUGA: Wali Kota Batu Klaim Proyek Kereta Gantung Tetap Berlanjut

“Mereka sudah dapat izin. DED (Detail Engineering Design) sudah masuk ke Pemda NTB,” ungkap Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi NTB, Mohammad Rum, Kamis (16/6/2022).

Menurut Rum untuk Feasibility Study (FS) yang bertujuan meyakinkan bahwa proyek konstruksi kereta gantung di Rinjani itu sedang dalam tahap pembahasan di Pemda NTB. Meski telah menyerahkan FS ujar Rum, Pemda NTB bersama kementerian lingkungan hidup akan mengkaji AMDAL (analisis mengenai dampak lingkungan) yang diajukan oleh PT Indonesia Lombok Resort.

“Kita optimis ya, AMDAL itu lolos. Karena saat ini investor dari Tiongkok akan mengirim uang sebesar Rp 600 miliar. Dari melalui Duta Besar (Dubes) Tiongkok di Jakarta,” kata Rum.

Untuk pencairan uang sebesar Rp 600 miliar sendiri kata Rum perlu dicairkan melalui Dubes Tiongkok di Jakarta. “Uang sebanyak itu kan harus ada regulasi sendiri untuk pencairannya. Jadi harus melalui pengetahuan Dubes Tiongkok di Jakarta,” kata Rum.

BACA JUGA: Prancis Gunakan Kereta Gantung Sebagai Solusi Transportasi

Saat ini pihak investor akan melakukan upaya melengkapi data dan dokumen masterplan terkait rencana pembangunan kereta gantung di Desa Lantan yang diperkirakan memiliki panjang 11 kilometer.

BERITA KHUSUS

Raih Penghargaan Program Inovasi Digital, Gus Ipul: Terus Layani Masyarakat dengan Cepat

NUSADAILY.COM - PASURUAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan meraih penghargaan kategori program Inovasi Digital pada ajang Merdeka Award 2022, Kamis (24/06). Wali Kota Pasuruan...

BERITA TERBARU

Wow! PSG Untung Rp 10,9 Triliun Berkat Lionel Messi

NUSADAILY.COM - PARIS - Lionel Messi memang gagal mempersembahkan trofi Liga Champions kepada Paris Saint-Germain. Meski begitu, PSG mendulang keuntungan yang amat besar berkat...