Senin, September 26, 2022
BerandaLifestyleEntertainmentKronologi Meninggalnya Pangeran Philip, 2 Bulan Lagi 100 Tahun

Kronologi Meninggalnya Pangeran Philip, 2 Bulan Lagi 100 Tahun

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Kabar duka datang dari British Royal Family. Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth II telah meninggal pada Jumat (9/4) waktu setempat.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Pangeran Philip meninggal dunia di usia 99 tahun, hanya berjarak 2 bulan sebelum perayaan ulang tahunnya yang ke-100 pada 10 Juni mendatang. Berdasarkan pengumuman yang dirilis, Pangeran Philip telah meninggal dengan tenang di kediamannya yang terletak di Windsor Castle.

Berikut adalah kronologi sejak Duke of Edinburgh masuk rumah sakit dua bulan lalu hingga meninggal dilansir dari kompas.com.

BACA JUGA: Hadiri Pemakaman Kakeknya, Pangeran Harry Diperkirakan Pulang Kampung – Imperiumdaily.com

1. Masuk rumah sakit pada 17 Februari

Pangeran Philip pada 17 Februari dilarikan ke rumah sakit London untuk tindakan pencegahan, kata Istana Buckingham. Para sumber yang dikutip AFP mengatakan, kondisi yang dialami Pangeran Philip bukan gejala virus corona.

Ayah Pangeran Charles tersebut saat itu dikatakan dalam kondisi baik di rumah sakit swasta King Edward VII di Marylebone. Pihak istana melanjutkan, pada Selasa malam (16/2/2021) Pangeran Philip merasa tidak enak badan. Para sumber mengatakan ke AFP, dia tidak dibawa dengan ambulans karena cukup sehat.

2. Diperkirakan dirawat sampai akhir Februari

Seorang sumber pada Jumat (19/2/2021) berkata ke AFP, Pangeran Philip diperkirakan bakal dirawat di rumah sakit sampai akhir Februari. “Duke akan tetap di rumah sakit selama akhir pekan dan minggu depan,” kata sumber di Istana Buckingham.

Ia menambahkan, kondisi Pangeran Philip tetap baik namun rincian penyakitnya tidak dipublikasikan. Pangeran Philip diperkirakan tidak terjangkit Covid-19. Baik Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II sudah disuntik dosis pertama vaksin corona pada Januari.

BACA JUGA: Tanggapan Ratu Elizabeth Mengenai Wawancara Pangeran Harry dan Meghan Markle – Beritaloka.com

3. Kondisi Pangeran Philip membaik

Kondisi Pangeran Philip dikabarkan sudah jauh lebih baik setelah dirawat selama sepekan di rumah sakit. Kabar itu disampaikan oleh anak bungsu Ratu Elizabeth II, Pangeran Edward, sebagaimana dilansir dari Sky News, Selasa (23/2/2021).

“Saya telah berbicara dengannya beberapa yang lalu, dia jauh lebih baik, terima kasih banyak, dan dia berharap untuk keluar, yang merupakan hal yang paling positif,” tutur Pangeran Edward.

4. Pangeran Philip pindah rumah sakit

Pangeran Philip pada Senin (1/3/2021) pindah rumah sakit untuk melakukan tes jantung dan melanjutkan perawatan. Sebelumnya Duke of Edinburgh dirawat di rumah sakit swasta King Edward VII di London, lalu pindah ke Rumah Sakit St Bartholomew yang dikelola pemerintah di kota yang sama.

“Dokter di sana akan tetap merawatnya untuk infeksi, serta melakukan pengujian dan observasi kondisi jantung yang sudah ada sebelumnnya,” ujar keterangan Istana Buckingham.

5. Perawatan jantung Pangeran Philip sukses

Pangeran Philip sukses menjalani perawatan jantung, yang disampaikan oleh Istana Buckingham pada Kamis (4/3/2021). Para pejabat Kerajaan Inggris mengatakan, Duke of Edinburgh menjalani perawatan yang lancar untuk kondisi jantung yang sudah diderita sebelumnya di Rumah Sakit St Bartholomew, Rabu (3/3/2021).

“Yang Mulia akan tetap di rumah sakit untuk perawatan, istirahat, dan penyembuhan selama beberapa hari,” tambah mereka dikutip Kompas.com dari AFP. Dengan demikian Pangeran Philip telah menghabiskan dua minggu lebih di rumah sakit, durasi terlama setiap dia dirawat inap.

BACA JUGA: Pangeran Harry Khawatir Sejarah Puteri Diana akan Terulang – Nusadaily.com

6. Pangeran Philip pulang

Pangeran Philip kembali ke Kastil Windsor pada Selasa (16/3/2021), setelah sebulan dirawat di rumah sakit karena infeksi dan menjalani perawatan jantung.

“Yang Mulia ingin berterima kasih kepada semua staf medis yang menjaganya di Rumah Sakit King Edward VII dan Rumah Sakit St Bartholomew, dan semua orang yang telah mengirimkan ucapan selamat,” kata istana dalam sebuah pernyataan melansir Associated Press.

7. Pangeran Philip meninggal

Pangeran Philip meninggal dalam usia 99 tahun pada Jumat (9/4/2021). Kematian Pangeran Philip dikonfirmasi oleh Istana Buckingham, sebagaimana dilansir dari kantor berita AFP.

Pangeran Philip yang menikah dengan Ratu Elizabeth II selama hampir delapan dekade, pensiun dari tugas-tugas Kerajaan Inggris pada 2017 dalam usia 96 tahun.(mic)

BERITA KHUSUS

Unipma Lakukan Pengabdian Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Digitalisasi Pasar Desa Klumutan Saradan Madiun

NUSADAILY.COM – MADIUN - Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan yang saat ini dihadapi oleh sebagian besar masyarakat kita, khususnya masyarakat yang tinggal di pedesaan....

BERITA TERBARU

13 Orang Tewas dalam Penembakan di Sekolah Rusia, Pelaku Bunuh Diri!

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Jumlah korban jiwa dalam penembakan massal di sebuah sekolah di Rusia terus bertambah. Sejauh ini, sudah 13 orang dinyatakan tewas...