Minggu, September 26, 2021
BerandaNewsNusantaraPUPR Kebut Pengerjaan Jalan Lingkar di Bengkulu

PUPR Kebut Pengerjaan Jalan Lingkar di Bengkulu

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – BENGKULU – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempercepat pengerjaan pembangunan outer ring road atau jalan lingkar yang membelah kawasan Cagar Alam Danau Dendam Tak Sudah Kota Bengkulu yang ditargetkan selesai akhir tahun 2021.

BACA JUGA : DPRD Malut Minta Perusahaan Tambang Mendukung Jalan Lingkar Obi – Nusadaily.com

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJn) Bengkulu M Diantoro Murod mengatakan, pengerjaan proyek yang diberi nama Bengkulu outer ring road (BORR) ini mengalami deviasi positif 8,6 persen dari yang ditargetkan.

“Kalau untuk kapan selesai kita masih ikut jadwal awal yaitu per 31 Desember 2021. Tetapi kalau nanti ada kemudahan-kemudahan dalam kita kerja mungkin bisa lebih cepat. Tidak ada kendala sejauh ini,” kata Diantoro di Bengkulu, Minggu.

BACA JUGA : Menteri PUPR Meminta Konstruksi Jalan Lingkar Brebes-Tegal Dipercepat – Imperiumdaily.com

Pengerjaan jalan lingkar luar yang menghubungkan kawasan Simpang Empat Nakau ke Simpang Air Sebakul Kota Bengkulu ini dibangun sepanjang 5,8 kilometer.

Pengerjaan proyek BORR ini dibagi menjadi dua paket masing-masing yaitu untuk pembangunan jembatan elevated sepanjang 600 meter dengan anggaran Rp41,5 miliar lebih dan proyek pengerjaan jalan sepanjang 3,7 kilometer.

BACA JUGA : Habiskan Puluhan Miliar, Pemkab Sumenep Resmikan Jalan Lingkar Utara – Beritaloka.com

Pembangunan Jembatan Layang

Pembangunan jembatan layang itu dilakukan agar tidak mengganggu ekosistem sekitar mengingat 2,3 kilometer dari total panjang jalan masuk kedalam kawasan Cagar Alam Danau Dendam Tak Sudah.

“Setelah selesai dibangun masih akan melakukan tes uji pembebanan sebelum nantinya jalan ini dibuka untuk umum. Kalau dilihat dari konstruksinya jalan ini bisa dilalui kendaraan besar dengan maksimal tonase lima hingga delapan ton,” ucap Diantoro.

BACA JUGA : Terdampak Pandemi, Pedangdut Magetan Jualan Pecel – Dangdutpro.com

Sementara itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat meninjau progres pembangunan jalan lingkar luar itu mengatakan keberadaan jalan tersebut akan memberikan dampak positif terhadap perkembangan ekonomi daerah, mengingat jalan tersebut akan terhubung dengan pintu tol.

Rohidin meyakini pihak BPJn Bengkulu bisa mencapai target yang sudah ditetapkan yakni selesai hingga akhir tahun 2021. Meskipun pada tahun 2020 pengerjaan proyek tersebut sempat terhenti karena tidak ada anggaran.

BACA JUGA : DPUPESDM DIY Didesak Perbaiki Jalan Daendles Ruas Brosot-Congot – Noktahmerah.com

“Tahun 2020 proyek BORR sempat terhenti dan baru tahun 2021 pembangunannya kembali dilanjutkan. Rencana pembangunan jalan ini sebenarnya sudah dari empat hingga lima tahun lalu, tetapi baru bisa dimulai pada 2019,” ujar Rohidin.(lal)

AnyFlip LightBox Embed Demo

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

berita khusus

The Legion Nutrition dan Amarta Hills Berkolaborasi Gelar Body Competition

NUSADAILY.COM - KOTA BATU - Produsen suplemen olahraga, The Legion Nutrition tak berhenti memberikan dukungannya di bidang olahraga. Kali ini mereka ambil bagian sebagai...