Senin, Desember 6, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsNusantaraBanjir Bandang Terjang Garut Selatan Saat Fajar

Banjir Bandang Terjang Garut Selatan Saat Fajar

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – GARUT – Banjir bandang menerjang wilayah Garut Selatan pagi ini, Senin, 12 Oktober 2020. Akibatnya, pemukiman warga di beberapa kecamatan ikut terendam air.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Banjir bandang yang menerjang wilayah Garut selatan terjadi di 6 kecamatan yang terdampak bencana banjir di Garut selatan,” kata Bupati Garut Rudy Gunawan, dilansir dari hariangarutnews.com.

Hal tersebut disampaikan Rudy Gunawan usai melaksanakan apel gabungan di lapangan Setda, Jalan Pembangunan, Tarogong Kidul.

BACA JUGA: Pelaku Pencurian Modus Ganjal ATM di Bandung Ditembak

Rudy juga menjelaskan, selain banjir bandang juga terjadi longsor dan pergeseran tanah. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), kata Rudy, menetapkan status siaga bencana di 17 kecamatan dan dinyatakan rawan bencana longsor, pergeseran tanah, banjir serta Megathrust.

“Saat ini beberapa daerah terendam banjir, yang paling tinggi itu sekitar 80 cm, di Kampung Segleng Pameungpeuk. Yang lainnya sungai sudah terkikis dan dalam kondisi bahaya,” jelasnya.

Untuk lokasi pengungsian, sambung Rudy, akan ditempatkan di sekolah-sekolah dasar dan akan dibuka juga dapur umum oleh Tagana Dinas Sosial Kabupaten Garut.

“Kerusakan sedang dihitung, karena ini terjadi jam 04.00 WIB sekitar waktu subuh, laporan korban tidak ada. Hanya yang mengungsi sudah sekitar 1000 orang, karena kondisi tempat tinggalnya tidak nyaman. Ada juga sekolah SMP yang terrendam,” pungkas Rudy.

BACA JUGA: Ingin Beli HP, Gadis 17 Tahun Gadaikan Tubuhnya

Banjir bandang terjadi diduga akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Garut sejak Minggu, 11 Oktober, sore kemarin. Berdasarkan informasi yang dihimpun, air dari sungai-sungai di sana mulai naik ke permukaan jalan dan merendam rumah warga sejak pagi tadi.

Banjir bandang ini diprediksi merendam ratusan rumah warga di Cibalong dan Pameungpeuk yang terletak di pesisir Pantai Santolo itu. Jaringan listrik di dua kawasan itu pun dikabarkan padam. (kal)

- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR