Kamis, Januari 20, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaLifestyleTravelSetelah Bromo Dibuka, TNBTS Siapkan Pembukaan Pendakian Semeru

Setelah Bromo Dibuka, TNBTS Siapkan Pembukaan Pendakian Semeru

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

NUSADAILY.COM – MALANG – Tak hanya pembukaan Gunung Bromo, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) berencana membuka kembali pendakian Gunung Semeru, Jawa Timur. Sebelumnya, jalur pendakian tersebut ditutup selama satu tahun. Sebab, pada tahun 2019 sempat terjadi kebakaran hutan serta akibat adanya pandemi covid-19.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru John Kennedie mengatakan, untuk membuka pendakian ke Gunung Semeru akan dilakukan setelah adanya evaluasi dari pembukaan wisata Gunung Bromo mulai 28 Agustus 2020.

“Kami akan lihat dua minggu kedepan, dan melakukan evaluasi setelah Bromo dibuka. Jika ini semua aman, kita akan buka Semeru,” terang dia.

John menjelaskan, pihaknya akan mempersiapkan pembersihan jalur pendakian Gunung Semeru. Hal tersebut dilakukan demi keselamatan dan kenyamanan para pendaki jika nantinya gunung tertinggi di Pulau Jawa itu dibuka.

“Sambil pembersihan jalur, kita buka Semeru. Semeru ini ditutup September tahun lalu, jika September kita buka, sudah satu tahun. Para pendaki sudah rindu,” kata dia.

Selama ini, lanjut dia, kuota pendakian Gunung Semeru dalam kondisi normal sebanyak 600 orang per hari. “Jika nantinya pendakian tersebut dibuka, kuota maksimal adalah 20 persen, atau sebanyak 120 pendaki per hari,” papar dia.

Rncana pembukaan pendakian Gunung Semeru tersebut menyusul dibukanya kembali wisata Gunung Bromo pada pekan ini. Seperti diberitakan sebelumnya, Wisata Gunung Bromo dibuka kembali untuk wisatawan pada 28 Agustus 2020, usai ada kesepakatan dan surat rekomendasi dari empat kepala daerah.

Pada tahap awal, para wisatawan yang akan berkunjung ke Gunung Bromo dibatasi sebanyak 20 persen dari total kapasitas daya tampung, atau sebanyak 739 orang per hari. Jumlah pengunjung tersebut, akan dievaluasi dan ditambah secara bertahap. Meski demikian, para wisatawan yang datang harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan memenuhi beberapa persyaratan yang diberikan.(nda/aka)

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Perampok di Sukun Malang Tertangkap di Taman Dayu Pandaan ##tiktokberita

♬ original sound - Nusa Daily