Rabu, Agustus 17, 2022
BerandaLifestyleTravelSakral! Misteri Pohon Kayu Putih Berusia 7 Abad di Tabanan, Konon Muncul...

Sakral! Misteri Pohon Kayu Putih Berusia 7 Abad di Tabanan, Konon Muncul Suara Gamelan

NUSADAILY.COM – TABANAN – Pohon kayu putih di Desa Adat Bayan, Desa Tua, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan dianggap sakral. Pohon itu juga penuh misteri.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Pohon itu tumbuh besar dan memberikan keteduhan bagi sekitarnya. Ukurannya yang raksasa membuat Desa Adat Bayan makin mempesona.

BACA JUGA: Berkas Lengkap, Kasus Korupsi DID Mantan Bupati Tabanan Segera Bergulir ke Persidangan

Pohon kayu putih itu sempat membetot perhatian publik setelah ada bule yang berfoto telanjang di sana pada Mei 2022. Padahal pohon itu bukan sembarang pohon. Pohon kayu putih sakral itu sudah berusia 7 abad.

Selain sakral pohon itu juga memiliki kisahnya sendiri. Salah satunya alunan gamelan yang terdengar sayup-sayup dari pohon itu pada hari tertentu. Khususnya, saat rahinan atau hari suci umat Hindu di Bali.

“Meski secara tertulis tidak ada, cerita itu bagi sebagian orang dipercaya memang benar. Khususnya para orang tua kami,” tutur Penyarikan Pura Babakan, I Made Kurna Wijaya dikutip dari detikTravel, Sabtu (6/8/2022).

Konon, suara sayup-sayup alunan gamelan itu bersumber dari gender atau gamelan wayang yang tertanam di bawah pohon yang diperkirakan berusia 700 tahun itu.

Kurna Wijaya mengatakan, alunan gender tersebut diklaim pernah didengar oleh para orang tua yang tinggal di sekitar desa adat setempat. Khususnya di bawah era 80-an.

BERITA KHUSUS

BERITA TERBARU

Digugat Eks Pengacara Bayar Fee Rp 15 M, Begini Respons Bharada E

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Bharada Richard Eliezer atau Bharada E digugat mantan kuasa hukumnya Deolipa Yumara untuk membayar fee Rp 15 miliar. Gugatan itu...