Senin, September 20, 2021
BerandaLifestyleTravelMengenal Kota Hantu Paling Menyeramkan di Dunia

Mengenal Kota Hantu Paling Menyeramkan di Dunia

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Adanya penduduk memang paling penting dalam sebuah kota dan negara. Namun, bagaimana jadinya kalau ada sejumlah kota di dunia yang justru kehilangan penduduknya. Ya, tentunya wilayah tersebut akan menjadi kota mati.

Memang selalu ada alasan mengapa para penduduk lari dari kota tersebut. Biasanya melibatkan kemanan dan keselamatan para penduduknya hingga mereka memilih melarikan diri.

Bahkan kota-kota yang ditinggalkan penduduknya tersebut diklaim sebagai tempat terkutuk yang dihuni hantu.

BACA JUGA: Menyusun Rencana Liburan Jadi Kunci Wisata Lebih Menyenangkan dengan Anak – Nusadaily.com

Berikut Nusadaily rangkum 7 kota mati paling menyeramkan di Dunia yang ditinggal penduduknya.

1. Pulau Roanoke, Carolina Utara
Roanoke Marshes Light, eksterior mercusuar bergaya ala cottage di Croatan Sound, dekat Wanchese.

Kisah ini terjadi pada tahun 1587, berawal dari sekelompok orang Inggris yang menetap dan membangun sebuah koloni baru yang dipimpin oleh Kapten Jhon White.

White kembali ke Inggris untuk membeli perbekalan dan meninggalkan keluarganya di tempat tersebut.

Sepulangnya dari Inggris, ia menemukan tempat tersebut dalam keadaan runtuh dan tidak ada jejak keluarganya atau salah satu koloni lainnya.

Lalu ia menemukan sebuah ukiran di pohon yang bertuliskan kata “Croatoan.” Hingga hari ini, belum diketahui apa arti tulisan tersebut. Bahkan, pengunjung mengklaim pulau itu berhantu.

2. Nauru, di Pasifik Selatan
Nauru, Pasifik Selatan photo by: worldatlas.com

Sekitar 50 tahun lalu pulau kecil ini merupakan negara yang terkaya di dunia. Kekayaan ini berdasarkan cerita penduduk setempat yang mengatakan bahwa terdapat pertambangan fosfat.

Namun waktu itu penduduk menambang secara berlebihan sehingga merusak lingkungan.

Kehancuran lingkungan ini membuat marah para dewa, yang mengutuk penduduk dan keturunan mereka dalam kemiskinan dan kesengsaraan selamanya.

BACA JUGA: Catat! 8 Perlengkapan Traveling Ini Tak Boleh Ketinggalan Harus Kamu Bawa – Beritaloka.com

3. Poveglia, Italia
Pulau Poveglia digunakan orang-orang pada abad ke-14 untuk mengarantina penderita wabah.

Pulau yang dijuluki pulau kematian ini terletak di Venesia. Dahulu pulau ini dihuni oleh ratusan kepala keluarga yang begitu makmur.

Namun keadaan telah berubah, ketika ada penyebaran penyakit menular dan wabah pes yang menelan banyak korban jiwa.

Kemudian, Poveglia berubah menjadi tempat berkumpulnya penderita wabah dan orang gila.

Maka demi keamanan pada 1968 tempat tersebut ditinggalkan, dan sampai sekarang tidak ada penghuninya, maka disebut sebagai “tempat paling berhantu di Eropa.”

Lalu pada 2014 pulau ini dijual kepada pengusaha yang bernama Luigi Brognaro, tetapi tanpa alasan jelas ia ingin mengembalikan pulau tersebut.

4. Timbuktu, Mali Utara
Timbuktu, Mali Utara

Pada 2012, terjadi konflik bersenjata yang melibatkan Mali bagian utara dan selatan.

Para pasukan bersenjata ini menyerang Timbuktu,dan merusak makam orang yang paling dihormati di Timbuktu. Pasukan tersebut merusak dan meledakkan pintu di Masjid Sidi Yahya.

Legenda mengatakan bahwa kalau pintu yang berusia 600 tahun itu terbuka, maka menandakan akhir dunia. Sejak itu, penduduk setempat menunjukkan kekacauan.

Peramal setempat mengklaim kota itu telah hidup di bawah kutukan selama ratusan tahun sejak zaman perdagangan garam (salt trade), ketika dikabarkan bahwa jalan-jalan beraspal emas.

BACA JUGA: Polres Jember Bakal Panggil Kades Tegalwangi Selaku Tuan Rumah Pesta Joget – Dangdutpro.com

5. Desa Anjikuni, Nunavut, Kanada
Danau Anjikuni. Dok: Wikimedia Commons.

Pada November 1930, seorang pemburu melewati sebuah desa di tepi Danau Anjikuni di wilayah paling utara Kanada, yang biasa dilewatinya setiap berburu.

Kemudian ia menyadari bahwa tak ada seorang pun di desa, anehnya ia mendapati perapian yang masih menyala, persediaan makanan yang melimpah, dan pakaian. Penduduk desa seakan-akan lenyap begitu saja.

Bahkan lebih menyeramkan lagi, saat kuburan di desa tersebut dibuka ternyata kosong.

6. Kalaupapa, Hawaii
Pemakanan ditemukan di koloni kusta di Molokai, Hawaii.(SHUTTERSTOCK/GERLACH PHOTOS)

Hawaii merupakan sebuah tempat yang memiliki pantai indah, tetapi di balik keindahannya tersimpan sebuah tempat bernama Kalaupapa, memiliki julukan tempat paling terkutuk.

Tempat ini memiliki masa lalu yang gelap, selama lebih dari 100 tahun, tempat ini dijadikan ‘pembuangan’ orang yang terkena penyakit kusta dan keluarga mereka tidak diizinkan untuk melihatnya.

Namun pada tahun 1969, ditemukannya enam pasien masih yang hidup di pulau yang memiliki sebutan pulau berhantu ini.

BACA JUGA: Hobi Haiking? Perhatikan Hal Ini Sebelum Mendaki Gunung Es – Imperiumdaily.com

7. Desa Houtouwan, Tiongkok
Desa Houtouwan, Tiongkok (AFP/Getty Images)

Houtouwan adalah sebuah desa tak berpenghuni yang berada di Pulau Shengshan, Tiongkok. Letaknya tak jauh dari kota Shanghai yang justru padat penduduk. Desa nelayan ini dulunya merupakan rumah bagi lebih dari 2.000 warga.

Kondisi ekonomi yang sulit, buruknya fasilitas pendidikan, ditambah dengan kawasan yang sulit dijangkau untuk pengiriman barang kebutuhan pokok, membuat warga Houtouwan memutuskan untuk meninggalkan kampung mereka pada tahun 1990-an.

Sejak ditinggalkan penduduknya, Houtouwan ‘dikuasai’ tumbuhan liar. Seluruh bangunan yang ada di sana terselimuti tanaman merambat, seperti desa hantu di dalam film-film.(eky)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

AnyFlip LightBox Embed Demo

popular minggu ini

- Advertisement -spot_img

BERITA TERBARU

berita khusus

Pemkot Malang Alokasikan Dana Cukai Hasil Tembakau untuk Jaminan Kesehatan

NUSADAILY.COM - MALANG - Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kesehatan memanfaatkan Dana Bagi Hasil (DBH) Cukai Hasil Tembakau (CHT) untuk program pemenuhan dan penyediaan...