Alasan Peternak Kambing dan Domba Mengeluh ke Mentri Perdagangan

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mendapat keluhan dari peternak kambing dan domba di Kabupaten Sukoharjo.Keluhan tersebut mengenai produktivitas dan kualitas produk peternakan.

Alasan Peternak Kambing dan Domba Mengeluh ke Mentri Perdagangan
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. (Foto: MPI)

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mendapat keluhan dari peternak kambing dan domba di Kabupaten Sukoharjo.

Keluhan tersebut mengenai produktivitas dan kualitas produk peternakan.

BACA JUGA : Harga Minyak Sulingan Bakal Turun Lagi, Kedelapan Kalinya dalam Tahun Ini

"Saat saya mengunjungi peternakan Setya Lembu Multifarm, pemilik peternakan menyampaikan kepada saya permasalahan utama yang dihadapi, yakni kendala genetika dan teknologi pengemasan," ujar Mendag dikutip dalam keterangan resminya, Senin (21/11/2022).

Dipaparkan Mendag, peternak menyebut hasil ternak yang dihasilkan dari pejantan impor memiliki kualitas produksi yang lebih baik, dengan pertambahan bobot harian hingga dua kali lipat dibandingkan dengan pejantan lokal.

Adapun kendala lainnya yaitu keterbatasan teknologi pengemasan yang dapat menghambat syarat implementasi ekspor produk hasil ternak seperti produk olahan daging, susu, dan keju.

Merespons hal itu, Mendag menegaskan bahwa dirinya akan berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian, Kementerian Koperasi dan UKM, serta pemerintah daerah agar kendala-kendala tersebut bisa teratasi.

BACA JUGA : Ekonomi Jatim Bangkit, PDRB Jatim Triwulan ke-3 Naik 2,15 Persen

“Kami akan berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga untuk memfasilitasi peningkatan produktivitas dan kualitas produk peternakan. Dengan demikian produk yang dihasilkan juga akan mempunyai nilai tambah maksimal,” pungkasnya.

(roi)