Terjadi Pencurian Koin Emas bernilai Jutaan Euro Koleksi Sebuah Museum di Jerman

Di distrik Pfaffenhofen, negara bagian Bavaria, Jerman, harta karun emas senilai jutaan euro dicuri dari museum “Celts & Romans” pada Selasa malam waktu setempat.

Terjadi Pencurian Koin Emas bernilai Jutaan Euro Koleksi Sebuah Museum di Jerman
Di distrik Pfaffenhofen, harta emas ini dicuri dari museum Celts & Romans pada Selasa malam. (Getty Images/dpa)

NUSADAILY.COM – BAVARIA – Orang tak dikenal telah mencuri harga karun emas Celtic dari “Museum Romawi Celtic” di Jerman.

Melansir Bild, kantor polisi di Bavaria, Jerman telah memulai penyelidikan. Rekaman dari kamera pengawas sekarang sedang dievaluasi, dan kepolisian telah meluncurkan permohonan untuk saksi.

451 koin bernilai jutaan euro menghilang

BACA JUGA : Polisi Tangkap Pelaku Penendang Nenek-nenek di Tapanuli...

Harta karun itu ditemukan kurang lebih secara kebetulan pada tanggal 26 Agustus 1999 oleh arkeolog Matthias Leicht.

Selama penggalian sistematis, para arkeolog menemukan 451 koin terkubur di dalam tanah. Leicht berasumsi bahwa koin-koin itu disimpan di dalam kantong kulit atau kain.

“Pencurian itu pasti terjadi pada dini hari,” jata juru bicara polisi. Semua itu diketahui pada saat Selasa (22/11) pagi waktu setempat, staf museum menemukan bahwa pot berisi emas itu hilang.

BACA JUGA : Berawal Whatsapp Bupati Magetan Tempat Wisata Ini Bangkit dari Keterpurukan

Sistem alarm museum dkatakan tidak berfungsi, dan karyawan hanya mengetahui pencurian tersebut di pagi hari.

Di wilayah lokasi ada juga pemadaman listrik besar-besaran, tetapi belum jelas apakah ini terkait dengan hilangnya koin atau tidak.

Satu hal yang pasti, pada Selasa malam, orang asing memutuskan beberapa kabel serat optik di ruang teknis penyedia telepon seluler, memutuskan sekitar 13.000 orang di area tersebut dari internet dan telepon. Butuh waktu berhari-hari untuk memperbaiki kerusakan.(jrm1/lal)