Rusia Sebar Senjata Nuklir Taktis di Belarusia

Pada tanggal 25 waktu setempat, menurut Ria Novosti, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa atas permintaan Presiden Belarusia Lukashenko, Rusia dan Belarusia telah sepakat untuk menyebarkan senjata nuklir taktis di wilayah Belarusia.

Rusia Sebar Senjata Nuklir Taktis di Belarusia
Tangkapan Layar Video

NUSADAILY.COM – BEIJING - Pada tanggal 25 waktu setempat, menurut Ria Novosti, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa atas permintaan Presiden Belarusia Lukashenko, Rusia dan Belarusia telah sepakat untuk menyebarkan senjata nuklir taktis di wilayah Belarusia.

BACA JUGA : Putin Katakan Belum Bentuk Aliansi dengan China, dan Tidak...

Rusia akan mulai melatih personel terkait mulai 3 April, dan akan menyelesaikan pembangunan fasilitas penyimpanan senjata nuklir taktis di Belarus sebelum 1 Juli. Putin mengatakan bahwa Rusia telah membantu Belarus melengkapi kembali 10 pesawat tempur yang mampu membawa senjata nuklir taktis, dan Rusia juga telah mentransfer sejumlah sistem rudal Iskander yang mampu membawa hulu ledak nuklir taktis ke Belarus. Namun dia tidak mengatakan kapan senjata nuklir taktis akan dikerahkan di Belarusia.

Putin menegaskan bahwa keputusan di atas tidak berarti Rusia akan menyerahkan senjata nuklir ke Belarusia. Dia mengatakan bahwa Amerika Serikat telah mengerahkan senjata nuklir taktis di wilayah sekutunya selama beberapa dekade, Rusia melakukan hal yang sama seperti Amerika Serikat dan tidak melanggar komitmennya untuk tidak menyebarkan senjata nuklir. (Mdr1)