Pemkab Sumenep Bakal Gelar Festival Layangan LED, Cek Jadwalnya

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, bakal menggelar festival layangan LED Masa Kejayaan.

Mar 17, 2023 - 13:44
Pemkab Sumenep Bakal Gelar Festival Layangan LED, Cek Jadwalnya

NUSADAILY.COM - SUMENEP - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, bakal menggelar festival layangan LED Masa Kejayaan.

Festival yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) ini bakal digelar Pantai Lombang, Kecamatan Batang-Batang.

Hiburan tradisional pertama di pulau Madura ini akan memperebutkan piala Bupati Sumenep. Ratusan peserta Festival Layangan LED nantinya akan menghiasi langit dengan aksesoris lampu warna-warni.

Uniknya, pada festival layangan kali ini akan diterbangkan pada malam hari, tepat pada Malam Hari Raya Ketupat di Pantai Lombang.

Kepala Disbudporapar Sumenep, Moh. Iksan mengatakan jika layangan LED merupakan layangan biasa berbagai bentuk dilengkapi lampu warna-warni dengan baterai yang biasanya tidak perlu dicas ulang selama mengudara.

"Karena dengan kreatifitas kreator layangan mereka bisa membuat modul elektronik yang bisa jadi sumber tegangan LED layangan tersebut, bahkan bisa nyala semalam suntuk," ujar Iksan, Kamis 16 Maret 2023.

Dalam Festival Layangan LED, kata Iksan, yang diutamakan adalah keindahan aksesoris lampunya. "Maka dibutuhkan kreativitas tinggi dari peserta untuk menciptakan layangan yang indah dan menarik saat diterbangkan," jelas mantan Kadinsos Sumenep ini.

*Berhadiah Jutaan Rupiah dan Piala Bupati Bergilir*

Pria yang penah menjabat Kadisdik Sumenep ini berharap agar peserta mempersiapkan keindahan layangan untuk ikut festival nanti. Sebab, festival kali ini terbuka untuk umum.

"Karena Festival Layangan LED pertama diadakan di Madura khususnya Sumenep, tentunya dengan hadiah jutaan rupiah dan piala Bupati bergilir," ucapnya, menegaskan.

Selain itu, dirinya juga berharap, kegiatan ini ikut memacu usaha-usaha kecil baik kuliner, oleh-oleh, dan usaha kecil lainnya di sekitar Kecamatan Batang-batang dan Pantai Lombang.

"Bupati Sumenep direncanakan membuka Festival Layangan LED yang direncanakan juga untuk menginap di Pantai Lombang bersama jajaran Forkopimda Sumenep, sekaligus membuka Pesta Ketupat Rakyat keesokan harinya di tempat yang sama," tutupnya.

Dikutip dari berbagai sumber, kegiatan Festival Layangan LED diketahui bekerjasama dengan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Kecamatan Batang-Batang bersama Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) dan pihak kecamatan setempat. (nam)