Rabu, Januari 19, 2022

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsNusantaraTokoh Adat dan Nara Sumber Sastra Budaya TTS Berpulang

Tokoh Adat dan Nara Sumber Sastra Budaya TTS Berpulang

NUSADAILY.COM – SOE – Kehilangan lagi pendiri Gereja Betel Eno Matani Niki- Niki, Bai Jakonias Telnoni. Dia juga tokoh adat sekaligus nara sumber sastra budaya yang masuk dalam tulisan Oko Mama dalam buku Wartawan Budaya Angkat Bicara. Selain itu dia juga jubir adat. Demikian tulis wartawan victory news Kupang Leksi Salukh dalam akun Facebook, Rabu (15/7) sore.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Kepada media ini, Leksi mengaku kehilangan tokoh adat sekaligus nara sumber sastra budaya yang pernah memberikan informasi budaya mengenai Oko Mama. Yang mana tulisan tersebut sempat diterbitkan jadi buku dengan judul “Wartawan Budaya Angkat Bicara” pada 2014 lalu di momentum HPN Bengkulu. Dan sekaligus almarhum sebagai juru bicara adat saat pernikahannya 2013 lalu di Kupang.” Bai Telnoni kaya dengan tutur budaya Timor Dawan Amanuban Kabupaten Timor Tengah Selatan,” kisah Leksi.

Dia mengatakan semasa hidup almarhum banyak kali dipakai sebagai jubir dalam acara adat. Karena memiliki kemampuan tutur adat (Natoni). Bahkan di saat dirinya menikah 2013 lalu almarhum yang jubir adat.

“Luar biasa bai telnoni, kuasai tutur adat jadi banyak kesempatan dipakai untuk jubir adat. Waktu nikah dulu dijemput dari Niki-Niki Kecamatan Amanuban Tengah Kabupaten Timor Tengah Selatan ke Kota Kupang khusus untuk urusan nikah,” Kisah Leksi.

Dia mengaku sangat kehilangan Nara sumber Sastra Budaya karena sejumlah tulisan budaya narasumbernya adalah almarhum .”Merasa kehilangan nara sumber sastra budaya dengan berpulangnya Bai Jakonias Telnoni di Niki- niki Kecamatan Amanuban Tengah Kabupaten Timor Tengah Selatan pada Rabu ( 15/7) petang dan sayang saya tidak bisa berikan penghormatan terakhir karena tidak bisa hadir,” ucap Leksi.

Bai Jakonias Sosok Luar Biasa

Dia mengaku Bai Jakonias adalah sosok luar biasa dalam tutur budaya (Natoni adat) namun Tuhan telah memanggil kembali. Almarhum juga salah satu Tokoh pendiri gereja Betel Eno Matani Niki-niki.

“Sayangnya para pendiri gereja Betel Eno Matani sudah pergi di tahun ini. Kedua tokoh pendiri telah berpulang khusus dalam bulan Juli beruntun. Didahului dengan Bai Andreas Tlonaen pada Minggu lalu terbaru Bai Jakonias Telnoni ” ujar Leksi.

Ketua majelis jemaat Gereja Betel Eno Matani Pdt Sherly Tafui – Fanda dalam postingan Facebook Rabu pukul 15/7 petang menulis. “Jemaat GMIT Betel Enomatani berduka lagi.

Setelah Bai Naen (Opa Anderias Tlonaen), hari ini bai Noni (Opa Jakonias Telnoni) Tuhan panggil pulang.

Kami hanya bisa memohon: “Tuhan Yesus kuatkan kami melewati duka ini” demikian tulis pendeta Sherly dalam akun Facebooknya Pendeta Sherly Tafui-Fanda.(soi/aka)

spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Perampok di Sukun Malang Tertangkap di Taman Dayu Pandaan ##tiktokberita

♬ original sound - Nusa Daily