Jumat, Juli 8, 2022
BerandaNewsNusantaraRPH Kurban di Sleman Dipantau Ketat

RPH Kurban di Sleman Dipantau Ketat

NUSADAILY.COM – SLEMAN – Meskipun di wilayah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta tidak ada kecamatan yang terindikasi zona merah, Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DP3) setempat tetap akan memantau kelayakan tempat pemotongan hewan kurban jelang Hari Raya Idul Adha 2020. Untuk memastikan penerapan protokol kesehatan COVID-19.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Meskipun saat ini di Sleman tidak ada kecamatan atau desa dengan zona merah COVID-19, namun kami tetap akan melakukan pemantauan kelayakan tempat pemotongan hewan kurban,” kata Kepala DP3 Kabupaten Sleman Heru Saptono kepada Antara.

Menurut dia, sebelumya Pemkab Sleman telah mengambil kebijakan bahwa wilayah kecamatan dengan zona merah COVID-19 wajib melakukan pemotongan hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH).

“Perkembangan beberapa waktu terakhir di Sleman sudah tidak ada zona merah. Meski demikian kami tetap akan melakukan pemantauan kelayakan tempat pemotongan hewan kurban yang ada di masyarakat,” katanya.

Ia mengatakan, pada saat peninjauan tersebut pihaknya juga meminta agar paniti dicek suhu tubuh, dan bila ada yang demam tidak boleh masuk lokasi pemotongan hewan kurban.

“Selain itu di lokasi juga tidak boleh merokok, meludah dan jika bersin harus dengan etika yang benar,” katanya.

Heru mengatakan, dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban jumlah panitia juga harus dibatasi dan tidak sampai menimbulkan kerumunan.

“Masyarakat juga tidak boleh datang untuk melihat pemotongan hewan, tidak boleh ada kegiatan memasak di lokasi penyembelihan untuk menghindari kerumunan,” katanya.

Ia mengatakan, selain itu untuk distribusi daging kurban kepada masyarakat juga harus dibedakan antara yang memotong dan yang mengemas daging dan yang membagikan ke warga. (lna)

BERITA KHUSUS

Sampaikan LPJ APBD 2021, Gus Ipul: Jadi Motivasi Tingkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Kinerja Keuangan

NUSADAILY.COM – KOTA PASURUAN – DPRD Kota Pasuruan menggelar Rapat Paripurna I dengan agenda Penyampaian Nota Keuangan Raperda tentang Pertanggungjawaban (LPJ) Pelaksanaan APBD Kota...

BERITA TERBARU

Chelsea Tawar Cristiano Ronaldo Rp 251 Miliar, MU Segera Beri Jawaban

NUSADAILY.COM - LONDON - Kabar terbaru dari situasi Cristiano Ronaldo yang rumornya mau tinggalkan Manchester United. Chelsea disebut akan tawarkan harga 14 juta Pounds...