Jumat, Juli 8, 2022
BerandaNewsNusantaraPemkab Sikka Lakukan Percepatan Vaksinasi Lansia

Pemkab Sikka Lakukan Percepatan Vaksinasi Lansia

NUSADAILY.COM – KUPANG – Pemerintah Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur melakukan percepatan vaksinasi bagi warga lanjut usia (lansia) di daerah itu guna mewujudkan kekebalan komunal dari penularan COVID-19.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

“Kami genjot vaksinasi lansia sampai tanggal 30 Desember 2021 besok untuk mengejar target 60 persen di akhir tahun,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Sikka dr Clara Yosefina Francis ketika dihubungi ANTARA dari Kupang, Rabu.

BACA JUGA: Puluhan Ribu Warga Sikka Berhamburan Tinggalkan Rumah, Menyusul Peringatan Dini Tsunami

Berdasarkan Data Monitor Harian Kabupaten Sikka Satuan Tugas COVID-19 Kabupaten Sikka per 28 Desember 2021, cakupan vaksinasi lansia untuk dosis satu sudah mencapai 55,0 persen atau menyasar 15.998 jiwa dari target sasaran vaksinasi lansia sebanyak 29.089 jiwa. Cakupan dosis dua telah mencapai 32,1 persen atau menyasar 9.350 jiwa.

Clara menyatakan percepatan vaksinasi lansia dilakukan guna memenuhi target 60 persen sebagai salah satu syarat pelaksanaan vaksinasi anak. Jika target 60 persen vaksinasi lansia telah tercapai, pemerintah daerah bisa segera memberikan layanan vaksinasi bagi anak berusia 6-11 tahun.

BACA JUGA: PLN Bantu Perbaikan Sekolah Rusak di Sikka Akibat Angin Puting Belitung

Dalam melakukan percepatan vaksinasi, ia mengakui banyak kesulitan yang dihadapi, salah satunya mobilisasi lansia.

BACA JUGA: 5.195 Orang di Kabupaten Sikka Sudah Terima Vaksin COVID-19

Guna mengatasi kendala tersebut, pemerintah daerah mengerahkan aparat pemerintahan, baik kepala desa dan camat, untuk melakukan layanan antar jemput lansia. Beberapa desa dan kecamatan di Sikka menyiapkan kendaraan khusus untuk menjemput lansia. Bahkan, pemerintah daerah bekerja sama dengan pihak kepolisian memobilisasi lansia ke lokasi vaksinasi.

BACA JUGA: Inul Daratista Beri Pesan Menohok Jelang Tahun Baru 2022, Golek Duit …

Layanan vaksinasi juga diberikan dari rumah ke rumah jika kondisi lansia yang bersangkutan tidak memungkinkan untuk berangkat ke lokasi vaksinasi.

Clara menyebut data para lansia dimiliki oleh masing-masing puskesmas di wilayah itu. Dia optimistis target vaksinasi lansia bisa segera tercapai di akhir tahun ini.(eky)

BERITA KHUSUS

Sampaikan LPJ APBD 2021, Gus Ipul: Jadi Motivasi Tingkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Kinerja Keuangan

NUSADAILY.COM – KOTA PASURUAN – DPRD Kota Pasuruan menggelar Rapat Paripurna I dengan agenda Penyampaian Nota Keuangan Raperda tentang Pertanggungjawaban (LPJ) Pelaksanaan APBD Kota...

BERITA TERBARU

Chelsea Tawar Cristiano Ronaldo Rp 251 Miliar, MU Segera Beri Jawaban

NUSADAILY.COM - LONDON - Kabar terbaru dari situasi Cristiano Ronaldo yang rumornya mau tinggalkan Manchester United. Chelsea disebut akan tawarkan harga 14 juta Pounds...