Senin, Oktober 25, 2021
BerandaNewsNusantaraPemerintah Aceh Menargetkan Bendung Irigasi Sigulai Tuntas di 2022

Pemerintah Aceh Menargetkan Bendung Irigasi Sigulai Tuntas di 2022

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – ACEH BESAR – Pemerintah Aceh menargetkan pembangunan Bendung Daerah Irigasi Sigulai Kabupaten Simeulue akan tuntas pada tahun 2022 sehingga akan mampu memproduksi sendiri padi untuk kebutuhan masyarakat di kawasan itu.

“Kehadiran bendungan ini akan mampu mengairi sekitar 1.983 Hektare areal persawahan yang tersebar di delapan gampong/desa yang selama ini masih mengandalkan hujan sebagai sumber airnya,” kata Kepala Dinas Pengairan Aceh Ade Surya dihubungi di Banda Aceh, Minggu.

BACA JUGA : Akibat Guyuran Hujan Lebat, Dua Desa di Nagan Raya Aceh Terendam Banjir – Nusadaily.com

Ia menjelaskan pembangunan bendung irigasi dengan nilai kontrak Rp174,2 Milyar tersebut meliputi 1 unit bendung, saluran primer dan sekunder sepanjang 30,5 Km beserta bangunan pelengkapnya.

BACA JUGA : Banjir Bandang dan Tanah Longsor Terjang Lokasi Wisata Air Panas di Pidie Aceh – Imperiumdaily.com

Ada pun Areal persawahan yang akan dialiri irigasi tersebut meliputi Desa Sigulai, Desa Babul Makmur, Desa Lamamek, Desa Batu Ragi, Desa Malasen, Desa Miteum, Desa Sinar Bahagia dan Desa Sembilan di Kecamatan Simeulue Barat.

Dapat Meningkatkan Produksi Padi

Menurut dia, dengan terbangunnya Daerah Irigasi Sigulai tersebut luas panen padi masyarakat bisa mencapai 3.370 Ha/Tahun. Dengan asumsi produksi 6 – 8 Ton per hektare sehingga produksi padi bisa mencapai 23.600 Ton per tahun atau setara Rp94,4 Milyar (asumsi harga padi Rp. 4.000/Kg).

BACA JUGA : Polresta Banda Aceh Dalami Motif Pelaku Pembunuhan Pensiunan Guru di Aceh – Beritaloka.com

“Jika target tersebut terwujud, kebutuhan beras untuk Simeulue akan tercukupi hingga 90 persen. Sehingga tidak perlu lagi mendatangkan beras dari luar pulau,” katanya.

Ia mengatakan dalam peninjauan proyek tersebut dipimpin Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Aceh Mawardi. Serta didampingi Bupati Simeulue, Erli Hasim, Ketua DPRK Simeulue Irwan Suharmi, Inspektur Aceh Zukifli, Kepala Dinas PUPR Aceh Mawardi dan sejumlah pejabat Pemkab Simeulue.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Aceh Mawardi menjelaskan pembangunan tersebut merupakan bagian dari program infrastruktur Pemerintah Aceh. Dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

“Sesuai dengan RPJM Pemerintah Aceh, pada akhir RPJM persentase kondisi irigasi Aceh dalam kondisi baik mencapai 83,77 persen. Pak Gubernur Aceh juga memerintahkan kami untuk terus memonitoring sebagai upaya memastikan kelancaran pembangunan,” katanya.(lal)

- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Istri Selingkuh, Suami Bawa Alat Berat Hancurkan Rumah😱##tiktokberita

♬ kau curangi cintaku - Milan indramayu