Minggu, September 25, 2022
BerandaNewsNusantaraKMP Nusa Dua Rute Ketapang-Gilimanuk Mati Mesin, Ratusan Penumpang Dievakuasi

KMP Nusa Dua Rute Ketapang-Gilimanuk Mati Mesin, Ratusan Penumpang Dievakuasi

NUSADAILY.COM – JEMBRANA – Kapal motor penumpang (KMP) Nusa Dua yang melayani rute penyeberangan Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, menuju Pelabuhan Gilimanuk mengalami mati mesin di Perairan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali, pada Minggu (26/6/2022) sekitar pukul 04.10 WITA.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Sebelumnya, kapal itu bertolak dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur sekitar pukul 01.50 WITA.

“Kami terima laporan bahwa kapal terbawa arus hingga kandas dan mati mesin di posisi kurang lebih 0.5 Nm arah barat laut dari Pelabuhan Gilimanuk,” kata Kepala Kantor Basarnas Bali Gede Darmada, mengutip Kanal Bali via Kumparan.com.

BACA JUGA: Ratusan Penumpang KMP Sabuk Nusantara 91 Berhasil Dievakuasi

Sesuai manifes, kapal tersebut mengangkut 160 orang, di antaranya ABK berjumlah 13 orang dan sisanya adalah penumpang.

Kapal juga menampung 6 unit sepeda motor, 21 unit kendaraan roda empat, 12 unit mobil bak, 1 unit bus dan 2 unit truk.

Basarnas Bali segera menggerakkan 8 orang personel dari Pos Pencarian dan Pertolongan Jembrana untuk mengevakuasi seluruh penumpang.

“Pelaksanaan towing tidak berhasil, maka untuk mengindari kemungkinan terburuk segera tim SAR gabungan mengevakuasi seluruh penumpang” imbuhnya.

BACA JUGA: Seluruh Korban KMP Yunicee Dipastikan Dapat Asuransi

Ia menyebutkan, secara bergantian RIB Basarnas Jembrana, RIB Brimob dan dua unit speed boat Polair Pos Gilimanuk mengevakuasi para penumpang.

Seluruh penumpang berhasil terevakuasi dalam keadaan selamat.

“Kami sudah melaksanakan evakuasi dengan tim SAR gabungan dari pagi kurang lebih dari jam 6 sampai dengan pukul 08:10 Wita delapan sepuluh menit. Proses penarikan kapal tetap diupayakan dengan menggunakan tugboat,” jelas Koordinator Pos SAR Jembrana, Dewa Hendri yang langsung terlibat operasi SAR itu.(lna)

BERITA KHUSUS

Kolaborasi Lintas Umat Beragama Suguhkan Pentas Budaya Menawan di Kota Pasuruan

NUSADAILY.COM - PASURUAN - Sebutan Kota Madinah (Maju Ekonominya, Indah Kotanya, Harmoni Warganya) sepertinya tidak salah disematkan bagi Kota Pasuruan. Hal tersebut salah satunya...

BERITA TERBARU

Catat! Ini 10 Makanan Pembersih Paru-paru, Pernapasan Jadi Plong

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Paru-paru termasuk salah satu organ tubuh yang sangat penting untuk diperhatikan kesehatannya. Organ ini menjadi tempat pertukaran oksigen dan karbondioksida...