Senin, Desember 6, 2021

NUSADAILY.COM STORIES

BerandaNewsNusantaraBupati Asmat: Bandara Ewer Siap Didarati Pesawat ATR 72

Bupati Asmat: Bandara Ewer Siap Didarati Pesawat ATR 72

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – JAYAPURA – Bupati Asmat, Papua Elisa Kambu mengemukakan saat ini bandara Ewer siap didarati pesawat jenis ATR-72 setelah selesainya pembangunan bandara. 

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Bandara Ewer memiliki panjang landasan 1.650 meter dan berbagai sarana prasarana pendukung juga sudah selesai dibangun. 

BACA JUGA: Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Tawarkan Lokasi Photoshoot, Berminat? – Nusadaily.com

“Saat ini Bandara Ewer hanya didarati pesawat jenis twin otter atau pesawat berbadan kecil. Seperti caravan atau pesawat kecil lainnya,” kata Bupati Kambu yang dihubungi dari Jayapura, Rabu.

Bupati Kambu mengatakan, Sabtu (12/6) tim dari Lions Group melalui Wings sudah meninjau bandara dan melihat langsung kondisi lapangan terbang tersebut serta fasilitas yang dimiliki. 

“Mudah-mudahan manajemen Lions Air mau melayani penerbangan ke Ewer. Dengan selesainya pembangunan bandara juga dapat memberikan kontribusi ke masyarakat,” kata Kambu. 

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Ewer Oto Irianto secara terpisah mengaku anggaran yang dikucurkan melalui APBN sebesar Rp 103,4 miliar, digunakan untuk membangun terminal, taxiway, apron tahap I dan II serta landasan strip tahap I dan II. 

BACA JUGA: Turki Tawarkan Jaga Bandara Afghanistan Setelah NATO Tarik Pasukan – Noktahmerah.com

Sedangkan pembangunan landasan menggunakan dana APBD. Saat ini Bandara Ewer dilayani lima perusahaan penerbangan,  yakni Susi Air, Rimbun Air, Asian One, Smart Aviation, dan Airfast. 

“Rata-rata setiap harinya dilayani dua hingga tiga penerbangan dari dan ke Timika,” kata Oto Irianto yang dihubungi melalui telepon selularnya dari Jayapura.(eky)

- Advertisement -spot_img
spot_img
- Advertisement -spot_img

BERITA POPULAR