Jumat, Oktober 22, 2021
BerandaNewsNusantaraBPBD Sukabumi: Waspada Pohon Tumbang Saat Hujan Deras

BPBD Sukabumi: Waspada Pohon Tumbang Saat Hujan Deras

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – Sukabumi, Jabar – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat memberikan imbauan kepada masyarakat agar mewaspadai pohon tumbang saat turun hujan deras apalagi disertai angin kecang.

“Dalam beberapa pekan terakhir, kami menerima laporan kejadian pohon tumbang di beberapa kecamatan yang disebabkan hujan deras disertai angin kencang. Untuk itu, bagi warga yang rumahnya ada pohon berukuran besar dan kondisinya sudah rapuh atau berusia tua agar waspada,” kata Sekretaris BPBD Kabupaten Sukabumi Anita Mulyani di Sukabumi, Jumat.

Meskipun hingga saat ini tidak ada laporan korban jiwa akibat kejadian pohon tumbang. Tetapi menyebabkan sejumlah rumah rusak ringan hingga berat akibat tertimpa batang pohon yang tumbang.

Bahkan, pada Jumat, (24/9) di Kampung Simpenan RT 04/10 Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan hujan deras yang turun sejak siang hingga menjelang malam. Hujan tersebut menyebabkan pohon mangga berukuran besar tumbang dan menimpa rumah warga, namun hanya merusak bagian pagarnya saja.

BACA JUGA: Antisipasi Banjir dan Longsor, BPBD Penajam Siagakan Personel

Walaupun tidak ada korban baik terluka apalagi meninggal dunia serta rumah yang terdampak hanya rusak pada bagian pagarnya saja. Tetapi akses jalan penghubung yang kerap warga lalui sempat tertutup.

“Sebelum pohon mangga itu tumbang, muncul suara gemuruh dari luar rumah yang kebetulan saat itu tengah hujan. Tidak berselang lama kami terkejut dengan kerasnya suara seperti benda keras jatuh dan setelah diperiksa ternyata pohon mangga tumbang dan menghancurkan pagar rumah. Tapi Alhamdulillah tidak ada keluarga yang terluka,” kata pemilik rumah Yayan (38).

Hingga saat ini petugas penanggulangan bencana bersama warga bergotong royong mengevakuasi batang pohon mangga berukuran besar tersebut. Di mana batang pohon menutupi jalan dan merusak pagar rumah dengan alat seadanya agar jalan tersebut bisa kembali dilalui kendaraan. (nd5)

BACA JUGA: Pansus Panggil BPBD Jember, Ketua Dewan: Kami Mau Tanya Teori Mereka Satu Mayat Rp100 Ribu

- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img

BERITA KHUSUS

@nusadaily.com

Akhir-akhir ini Kota Malang panas banget nih, ngadem dulu yuk🍦🍦 ##tiktoktaiment

♬ Happy Ukulele - VensAdamsAudio

LIFESTYLE

PCR

Aturan Terbaru Perjalanan Udara Jawa-Bali, Wajib Tes PCR!

0
NUSADAILY.COM - JAKARTA - Satuan Tugas COVID-19  menyampaikan pelaku perjalanan udara dari dan ke Pulau Jawa-Bali serta daerah PPKM level 3 dan 4 wajib menyertakan...