Kamis, Oktober 28, 2021
BerandaNewsNusantaraBP Batam Optimis Pertahankan Tren Positif Peningkatan Ekspor Impor

BP Batam Optimis Pertahankan Tren Positif Peningkatan Ekspor Impor

- Advertisment -spot_img

NUSADAILY.COM – BATAM – Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas Pelabuhan Bebas (BP KPBPB) Batam optimistis untuk mempertahankan tren positif peningkatan ekspor impor di kawasan setempat, sepanjang Januari-Juli 2021.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

Kepala Biro Humas, Promosi dan Protokol Badan Pengusahaan Batam Ariastuty Sirait mengatakan tren positif yang tengah berlangsung akan terus dipertahankan demi mendorong laju pertumbuhan ekonomi Kota Batam, Kepulauan Riau.

BACA JUGA : PT Semen Padang Ekspor 1,1 Juta MT Semen pada Semester I 2021

“Hal ini sejalan dengan fokus BP Batam untuk mendorong kegiatan ekspor di Kota Batam. Sejumlah infrastruktur juga terus dikembangkan agar proses pemulihan ekonomi berjalan dengan baik,” kata Ariastuty dalam keterangannya di Batam, Kepulauan Riau, Kamis.

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik Kota Batam secara kumulatif total ekspor daerah setempat meningkat 19,23 persen. Yaitu dari 5,27 miliar dolar AS pada Januari-Juli 2020 menjadi 6,28 miliar dolar AS pada periode yang sama 2021.

BACA JUGA : Ekspor Produk Kerajinan ke Jepang Menembus 10,32 Juta Dolar AS

Kenaikan nilai ekspor tersebut karena peningkatan ekspor kumulatif sektor non migas sebesar 17,61 persen.

Ekspor kumulatif nonmigas Kota Batam menyumbang 80,69 persen dari ekspor kumulatif nonmigas periode Januari-Juli di Provinsi Kepulauan Riau.

BACA JUGA : Tingkatkan Volume Ekspor, BI Perkuat Klaster Vanili Organik di Kaki Gunung Rinjani

Sedangkan total impor kumulatif (c-to-c) Kota Batam meningkat 26,39 persen, dari 4,82 miliar dolar AS pada Januari-Juli 2020 menjadi 6,10 miliar dolar AS pada periode yang sama 2021.

Meski impor meningkat, Ariastuty yakin, perekonomian Batam masih stabil. Karena memiliki surplus yang cukup baik dengan jumlah 185,91 juta dolar AS.

“Aktivitas ekspor dan impor yang meningkat di Batam menjadi barometer pulihnya arus permintaan barang baik di luar maupun dalam negeri. Harmoni ini harus terus dikembangkan sebagai langkah Batam untuk menjawab tantangan ekonomi nasional hingga akhir tahun 2021 ini,” kata Ariastuty.(lal)

- Advertisement -spot_img
Nusa Magz Edisi 46

BERITA POPULAR

- Advertisement -spot_img
@nusadaily.com

Istri Selingkuh, Suami Bawa Alat Berat Hancurkan Rumah😱##tiktokberita

♬ kau curangi cintaku - Milan indramayu