Senin, September 26, 2022
BerandaNewsNusantara456 Napi di Lapas Tarakan Terima Remisi Khusus Lebaran

456 Napi di Lapas Tarakan Terima Remisi Khusus Lebaran

NUSADAILY.COM – TARAKAN – Sebanyak 456 narapidana (napi) di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tarakan yang beragama Islam mendapatkan remisi pada Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

- Advertisement -Iklan BTC Guest House

BACA JUGA : 4.837 Napi Dapat Remisi Khusus Lebaran dari Kanwil Kemenkumham DKI – Nusadaily.com

“Remisi khusus Hari Raya Idul Fitri diberikan kepada warga binaan yang telah memenuhi syarat administratif dan substantif,” kata Kalapas Kelas IIA Tarakan Yosef Benyamin Yambise, di Tarakan, Sabtu.

Nama narapidana dan anak pidana yang mendapatkan remisi khusus Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah dari Kemenkumham yang diserahkan usai pelaksanaan Shalat Idul Fitri di Masjid At Taubah di Lapas Tarakan, Kamis (13/5), dengan mengutamakan protokol kesehatan.

“Jumlah yang belum disetujui (remisi khusus) sebanyak 421 narapidana,” kata Yosef.

BACA JUGA : Sejumlah WBP di Kota Malang Dapat Remisi Lebaran – Noktahmerah.com

Remisi keagamaan, terdiri dari remisi khusus I (RK I) dan remisi khusus II (RK II). Remisi khusus adalah pengurangan hukuman, sedangkan jumlahnya bervariasi ada yang lima hari, ada yang sampai sebulan.

RK I Tindak Pidana Non PP 28 Tahun 2006

“RK I Tindak Pidana Non PP 28 Tahun 2006 dan PP No 99 Tahun 2012 sebanyak 181 orang. Kemudian RK-II (langsung bebas) Tindak Pidana Non PP 28 Tahun 2006 dan PP No 99 Tahun 2012 sebanyak satu orang,” katanya pula.

Lebih lanjut, untuk RK I Tindak Pidana terkait Pasal 34 A ayat (1) PP No. 99 Tahun 2012 sebanyak 272 orang dan RK II (menjalani denda) Tindak Pidana terkait Pasal 34 A ayat (1) PP No. 99 Tahun 2012 sebanyak 2 orang.

BACA JUGA : 478 Narapidana Lapas Tembilahan Dapat Remisi Idul Fitri – Beritaloka.com

Dia mengatakan bahwa remisi khusus adalah pengurangan hukuman. RK II yang dikurangi hukumannya bersamaan dengan bebas, artinya bukan diusulkan bebas.

Syarat mendapatkan remisi secara substantif salah satunya berkelakuan baik. Kemudian memenuhi syarat minimal telah menjalani dua per tiga hukuman, jadi ketika memenuhi itu negara memberikan reward melalui remisi.

Yosef berharap remisi ini memotivasi untuk narapidana yang mendapatkan remisi dan memotivasi bagi mereka yang belum mendapatkan remisi untuk berkelakuan baik.(ros)

BERITA KHUSUS

Unipma Lakukan Pengabdian Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Digitalisasi Pasar Desa Klumutan Saradan Madiun

NUSADAILY.COM – MADIUN - Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan yang saat ini dihadapi oleh sebagian besar masyarakat kita, khususnya masyarakat yang tinggal di pedesaan....

BERITA TERBARU

Kecelakaan Maut di Tol JORR, Mobil Terguling Disopiri Suami: 2 Korban Tewas Istri dan Anak!

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Mobil Toyota Calya bernopol F-1303-RS terguling setelah menabrak bagian belakang mobil boks di Km 5+800 Tol JORR arah Kembangan. Mobil...